Menu

Mode Gelap
PWI Aceh Serahkan Bantuan Kepada Wartawan Korban Banjir Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Entertainment · 5 Feb 2022 14:07 WIB ·

Ringkasan Cerita Drama Korea Uncle


 Ringkasan Cerita Drama Korea Uncle Perbesar

Drama korea uncle mempunyai banyak sekali cerita yang bisa disuguhkan, bahkan penonton dapat melihat dari berbagai sisi. Drama uncle sarat akan makna tentang cerita kehidupan, kasih sayang, keluarga, cita-cita, politik serta kehidupan sosial, dan juga mengajarkan  dan memberikan pesan tentang kejadian serta makna kehidupan yang sangat dalam.

Meskipun ini adalah sebuah cerita fiksi atau drama yang dibuat namun, cerita ini sangat mengesankan. Dibuat dengan begitu baik sehingga membuat penonton dapat merasakan kejadian yang sebenarnya bukan hanya sebagai skenario sebuah cerita.

Pada episode pertama, drama ini memperlihatkan cerita yang sangat beragam, serta konflik yang sangat rumit, namun semuanya juga saling berkaitan.  Ada seorang ibu yang sedang berjuang untuk anaknya, sebuah keluarga yang hanya mementingkan kekuasaan, sekumpulan sosialita yang sangat berpengaruh dalam sebuah lingkungan, dan seorang laki-laki yang sedang berjuang setelah begitu banyak kekecewaan dan kegagalan dalam hidup, politikus yang berusaha untuk memenangkan kembali kekuasaanya, bahkan seorang guru yang berjuang untuk masa depan murid-muridnya dan masih banyak lagi. Meskipun ada begitu banyak cerita serta konflik yang dimunculkan, namun setiap cerita dibungkus dengan baik dan sangat padat sehingga tidak membuat bosan karena penonton dapat mendengar musik untuk mencairkan suasana.

Diawal cerita kita dapat melihat sekumpulan ibu-ibu atau sosialita yang sangat berpengaruh membawa lingkungan tempat tinggal mereka menjadi sangat terkenal. Momevely sebutan bagi perkumpulan sosialita yang menempati apartemen mewah dan mahal, karena dengan pengaruh mereka sekolah bahkan tempat tinggal dan lingkungannya akan menjadi tempat dan tujuan yang sempurna yang di idamkan sebuah keluarga, maka dengan demikian orang yang akan membeli atau menyewa apartemen disana diharuskan menjalankan peraturan yang berlaku.

Namun, seorang ibu yang sedang berjuang bersama anaknya kebetulan menyewa salah satu apartemen dilingkungan tersebut. Ibu itu datang karena anaknya ingin mempelajari musik dikelas tambahan disekolah barunya. Sayangnya, latar belakang ibu tersebut tidaklah cocok dengan lingkungan yang ditinggalinya dikarenakan, ibu tersebut telah bercerai dari suaminya dan hidup sendiri untuk membesarkan  anaknya  terlebih lagi,ibu tersebut harus bersembunyi dari keluarga suaminya karena mereka menginginkan anak tersebut sebagai penerus keluarga serta melarang anaknya untuk belajar musik.

Seorang musisi yang telah pensiun, karena gagal meraih masa depannya sebagai penyanyi serta harus bekerja sebagai nelayan pencari ikan untuk membayar hutang, meski begitu, dia masih terus bermimpi tentang musik dan cita-citanya sebagai penyanyi.

Cerita mereka saling terhubung karena musisi tersebut adalah Paman dari anak yang sedang bersama ibu yang bersembunyi dari keluarga suaminya, ibu tersebut ingin meneyelamatkan anaknya dari penganiayaan rumah tangga yang selama ini dialaminya, serta ingin memberikan pendidikan musik untuk masa depan anak tersebut. Paman tersebut ingin melindungi keponakannya dari berbagai hal buruk yang menimpanya, namun masalahnya paman tersebut tidak mempunyai peluang masa depan yang cerah dan tidak dapat diandalkan.

Drama ini mempunyai 16 episode, tentang bagaimana seorang paman yang tidak mempunyai apa-apa dan sudah putus asa namun ingin tetap berjuang untuk keponakannya. Mereka telah terpisah selam 10 tahun dan baru bertemu lagi karena ibu dan anak tersebut tidak punya siapa pun untuk bergantung atau meminta pertolongan, maka hubungan mereka pun berlanjut sebagai keluarga baru dengan penuh masalah dan konflik yang sangat rumit. Lalu, bagaiman cara paman tersebut bertahan dan berusaha melindungi keponakannya  serta menyelamatkan keluarganya dari sekumpulan ibu-ibu sosialita yang membulli anak serta kakak perempuannya, dan melindungi dari anacaman keluarga mantan suaminya.

Wang jun hyeok adalah mantan musisi yang telah pensiun, dia gagal menggapai cita-citanya sebagai penyanyi disebabkan uang yang diterimanya dari mengikuti lomba pencarian bakat telah dicuri oleh kakak perempuannya Wang jun hee sehingga dia gagal membuat debut album. Dan dia juga telah ditipu oleh teman yang mengaku sebagai produser musik serta kehilangan uang investasinya yang merupakan pinjaman dari teman baiknya yang juga merupakan ayah dari mantan pacarnya dan membuat hubungan mereka pun berakhir.

Pada akhirnya hubungan kakak beradik itu pun putus selama bertahun-tahun. Jun hyeok hidup sebagai nelayan untuk membayar hutangnya dan tidak pernah berhubungan lagi dengan kakak perempuannya. Tapi, pada suatu hari Karena sebuah keadaan, mengharuskan jun hyeok dan Min ji hoo bertemu, dia adalah anak lelaki yang menderita OCD, seorang anak laki-laki yang mempunyai kebutuhan khusus karena dia harus menghindari makanan tertentu atau situasi tertentu yang membuatnya tertekan. Hal tersebut dikarenakan masa kecilnya yang selalu ditekan oleh neneknya untuk menjadi seorang pewaris keluarga, yang mengaharuskannya belajar dengan sangat keras dan mengabaikan keinginannya untuk menjadi seorang musisi.

Sedangkan Jun hee yang telah bercerai dari suaminya melarikan diri dan bersembunyi dari keluarga suaminya yang ingin mengambil hak asuh atas Min ji hoo karena telah mengalami kekerasan dalam rumah tangga selama 12 tahun. Jun hee menyewa sebuah apartemen murah dalam sebuah komplek dan ingin hidup untuk dapat menyekolahkan anaknya dengan pendidikan yang layak serta memenuhi keinginannya untuk belajar musik. Namun, lingkungan tersebut tidak mendukung akan keberadaan mereka, karena mereka dianggap mencemarkan nama baik lingkungan dan menurunkan harga apartemen yang mereka tempati.

Hey ryeong adalah seorang ibu yang sangat disegani dan dikagumi oleh ibu-ibu yang tinggal di apartemen mahal dan mewah. Dia adalah presiden dari perkumpulan ibu-ibu sosialita yang menjadikan lingkungannya serta apartemen tempat timggalnya memiliki tawaran harga yang sangat tinggi, lingkungan yang sempurna dan kualitas pendidikan terbaik adalah prioritas dari para momvely. Bahkan Hey ryeong juga mempunyai koneksi dengan seorang calon anggota dewan untuk membantunya mendapatkan apa yang dia inginkan.  Mereka bekerja sama dan saling menguntungkan agar mendapatkan dukungan dari para ibu-ibu dengan pengaruhnya agar bisa terpilih kembali. Sedangkan Hey ryeong menggunakan koneksinya agar bisa mengubah sekolah di tempat tinggalnya menjadi sekolah tanpa adanya kelas musik. Momvely sebutan bagi perkumpulan ibu-ibu sosialita gold mother juga bekerja sama dengan saling menguntungkan satu sama lainnya.

Para momvely tidak peduli dengan keadaan yang sedang dihadapi oleh Jun hee, mereka membuli Min ji hoo yang baru masuk sekolah bahkan teman-teman mengejeknya karena dia hanya anak dari seorang ibu yang bercerai dari suaminya dan tinggal diapartemen sewa yang murah. Para gold mother selalu mencari celah untuk memperburuk status mereka dan menjatuhkan harga dirinya bahkan Jun hee harus keluar dari pekerjaannya tanpa tau kesalahan apa yang telah dilakukannya.

Suatu saat, Min ji hoo diperlakukan layaknya anak yang tidak pantas bersekolah bersama dengan mereka, dia mendapat ejekan dan hinaan dari teman-temannya, namun ibu dan anak tersebut tidak dapat berbuat apa-apa karena mereka tidak ingin menimbulkan masalah yang lebih besar dan hanya diam menerimanya mereka tidak ingin persembunyiannya terbongkar oleh nenek dan mantan suaminya. Sayangnya, perbuatan anak-anak terhadap Min ji hoo yang tidak terpuji dibela oleh para orang tua dengan membenarkan perbuatan mereka, mereka mengacuhkan kesalahan anak-anak mereka dan pada akhirnya anak tersebut tumbuh menjadi anak yang sombong dan tidak tahu belas kasih dan selalu merasa benar.

Seorang laki-laki yang tinggal bersama putrinya karena telah ditinggal meninggal oleh istrinya merasa kasihan kepada Jun hee, dia mencoba melindunginya dari celaan dan ejekan para momvely. Laki-laki tersebut ternyata menaruh perasan kepada Jun hee atas perjuangannya menjadi seorang ibu tunggal untuk anak laki-lakinya, tapi hal itu tidaklah mudah karena dengan melindungi mereka, maka nama baiknya pun ikut tercoreng. Laki-laki tersebut juga disegani oleh para momvely karena belum ada celah untuk menjatukannya. Namun, Hey ryeong menemukan fakta dan menyebarkan gossip bahwa kepergian istri terdahulunya adalah karena kecelakaan yang disebabkan oleh laki-laki tersebut, lebih buruknya mereka menganggap laki-laki tersebut sengaja membunuh istrinya untuk mendapatkan asuransi atas kematiannya.

Pada awalnya hubungan mereka berjalan lancar dengan saling membantu dan melindungi satu sama lainnya, namun setelah mengetahui rahasia dari laki-laki tersebut Jun hee pun merasa takut akan kejadian kekerasan rumah tangga yang dialaminya terulang kembali. Meski demikian, Joo kyung –il tetap membantunya meski dengan tanpa sepengatuan Jun hee. Sampai pada akhirnya Jun hee menyadari bahwa perasaan Joo kyung –Il tersebut sangatlah tulus dan mereka akhirnya memutuskan untuk memulai keluarga baru.

Momvely merasa terusik dengan kahadiran Jun hyeok dilingkungan mereka, karena Jun hyeok berhasil mendapat kepercayaan dari para ibu-ibu penghuni apartemen untuk menjadi pemimpin perkumpulan para orang tua kelas. Mereka terus saling membalas atas perbuatan mereka dan tidak berhenti sampai disitu, Jun hyeok bahkan mendapatkan laporan polisi karena telah dianggap megganggu ketenangan lingkungan dan sekolah dan mencela nama baik seoarng guru kelas karena hubungan mereka. Faktanya guru tersebut adalah salah satu fans Jun Hyeok yang telah lama menghilang. Ibu guru Song hwa eum tersebut pun mendapat teguran karena dianggap lalai menjalankan tugas.

Terkait akan peristiwa yang dialami para momvely Hey Ryeong adalah yang paling terganggu oleh keberadaan Jun hyeok karena rahasia yang ditutupinya dari para momvely perlahan mulai terungkap. Hey ryeong menyembunyikan status yang sebenarnya telah bercerai dari suaminya dengan mengatakan bahwa suaminya sedang bekerja di Dubai sebagai pialang mobil dan melarikan anak perempuannya dari tempat tinggalnya untuk menyembunyikan keadaan sebenarnya bahwa chayoung hamil dengan anak seorang satpam apartemen dan mengatakan bahwa chayoung belajar dan mendapatkan beasiswa keluar negeri.

Dengan terungkapnya semua rahasia Hey ryeong situasi pun semakin panas, serta membuatnya murka dan hubungan mereka semakin pun buruk.  Hey ryeong akhirnya mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan keluarga mantan suami Jun hee dan memberi tau keberadaan min ji hoo kepada neneknya. Hey ryeong yang telah hancur karena telah kehilangan chayoung anak perempuannya yang mencoba bunuh diri karena tidak ingin hidup sebagai tropy bagi ibunya pun meninggalkannya dan memilih untuk bersama kekasihnya. Belum lagi, dia harus menghadapi tuntutan penjara karena dia telah mencuri dan memanipulasi surat persetujuan orang tua untuk merubah peraturan sekolah tanpa adanya kelas musik sebagai pelajaran tambahan. Masalah pun semakin rumit setelah Hey ryeong tidak lagi dipercaya sebagai pemimpin momvely, dia terpaksa meninggalkan apartemen dan kehilangan kepercayaan para gold mother dan melaporkannya kepada pihak berwajib setelah menggelapkan serta mencurangi surat keputusan para orang tua.

Nenek Min ji hoo yang pada saat bersamaan sedang mencalonkan diri sebagai anggota dewan tidak ingin nama baiknya tercemar karena mengambil paksa hak asuh Min ji hoo memanfaatkan Hey ryeong dan membuat kesepakatan untuk membantu nenek ji hoo dengan cara memanipulasi keadaan dan merencanakan untuk menghancurkan Jun hyeok.

Awalnya Jun hyeok merasa heran dengan sikap nenek ji hoo karena sudah tidak lagi menuntut atas hak asuh keponakannya. Namun, jun hyeok terlena setelah dia mendapat kesempataan untuk menjadi seorang penyanyi. Jun hyeok mendapat tawaran untuk mengeluarkan album dan menggelar konser untuk para penggemarnya. Nenek Ji hoo menggunakan kesempatan tersebut untuk menjatuhkan Jun hyeok dan jun hee secara bersamaan dengan memfitnah Jun hyeok menggunakan narkoba dikonsernya dan ditangkap oleh polisi, sedangkan Jun hee yang telah mengalami ketergantungan minuman keras harus kehilangan hak asuh atas anaknya atas laporan neneknya. Dan akhirnya rencana mereka pun berhasil untuk mendapatkan hak asuh Ji hoo, bahkan Jun hyeok tidak diperbolehkan lagi bertemu dengan Ji hoo karena masih dalam masa percobaan atas tuduhan menggunakan narkoba dan lalai menjaga ji hoo yang membuatnya memakan makanan yang bisa membunuhnya.

Mereka tidak dapt berbuat apa-apa selain menerima kenyataan kehilangan hak asuh atas Ji hoo dan harus melanjutkan kehidupannya, Jun hee membuka toko donat dan Jun hyeok mengikuti audisi untuk menjadi penyanyi. Namun, usahanya pun sia-sia hingga suatu hari Jun hyeok menemukan kecurigaan atas tuduhan yang diteriamanya sebagai pengguna narkoba setelah tidak sengaja bertemu dengan mantan direktur yang merekrutnya dan menghilang dan melarikan diri pada saat bertemu dan berpapasan dengannya. Jun hyeok pun menyadari bahwa dia telah ditipu untuk dijebloskan kedalam penjara.

Akhir cerita, mereka pun melakukan penyelidikan ulang atas kejadian yang menimpanya. Dibantu oleh salah satu gold mother yang telah membantu Jun hyeok secara diam-diam serta memihaknya , mereka merencanakan untuk mengambil kembali hak asuh atas Ji hoo dan membersihkan nama baiknya. Semua rencana yang mereka jalankan berakhir dengan kegagalan karena bukti yang kurang memadai, apalagi Hey ryeong telah bergabung dan menerima semua tuduhan dan kesalahan atas nenek ji hoo dengan menutupi kejahatannya tersebut.

Mereka pun menemui jalan buntu, setelah beberapa kali mencoba sampai pada akhirnya, Jun hyeok mendapatkan bukti pengakuan dari ayah Ji hoo dan mantan iparnya yang mengatakan bahwa semua rencana didalangi oleh ibunya. Ayah Ji hoo merasa kesal dan terancan dengan keberadaan Hey ryeong yang lebih diperhatikan oleh ibunya, dan terhasut oleh junheyok yang menggunakannya untuk mencari bukti atas kejahatan nenek Ji hoo. Atas semua tuduhan itu nenek Ji hoo gagal menjadi anggota dewan dan kehilangan kekayaannya karena laporan penggelapan pajak yang dilaporkan sendiri oleh anaknya yaitu ayah Ji hoo. Sedangkan Hey ryeong kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kembali hak asuh atas anak-anaknya dan hidup sendiri dalam kesengsaraan.

Dengan demikian, hak asuh atas Ji hoo dapat diambil kembali, Min ji hoo akhirnya kembali kepada ibunya setelah mengalami penyiksaan dan harus menahan kekerasan yang mengharuskannya belajar diluar batas kewajaran oleh ibu tirinya karena tuntutan neneknya untuk menjadi penerus keluarga. Penderitaanya berakhir karena Ji hoo bisa pulang dan kembali kepada keluarganya dan semua itu terjadi atas usaha pamannya yang tak kenal lelah sampai mengorbankan dirinya disekap dan diculik oleh neneknya. Ji hoo kini bisa belajar bermusik bersama pamannya dan memulai membuka peluangnya sebagai penyayi.

Setelah begitu banyak perjuangan akhirnya kesempatan untuk mewujudkan mimpi jun hyeok untuk menjadi seorang musisi dan penyanyi pun terwujud berkat bantuan banyak orang. Dia telah terkenal dan popular sebagai uncle king yang terus mencoba menyelamatakan, melindingi dan menjaga Ji hoo dari neneknya, bahkan dia merencanakan untuk melamar ibu guru dihari perililsan album dan konsernya. Tapi pada kenyataannya, mimpinya harus terkubur kembali karena Jun hyeok menderita penyakit kelainan jantung yang mengharuskannya menjalani operasi dan transplantasi jantung. Dia pun hanya bisa menjalani kehidupan biasa dengan ibu guru yang selalu ada disampingya dan memberinya keluarga baru. Mimpinya untuk menjadi musisi dilanjutkan oleh keponakannya Min ji hoo, setelah tujuh tahun berlalu ji hoo akhirnya menjadi seorang penyaynyi terkenal seperti mimpi pamannya Jun hyeok.

Sebuah keluarga dibangun dengan kasih sayang yang tulus dan cinta kasih dengan mengesampingkan kekurangan dan tidak menggunakan kekerasan dan kekuasaan hanya untuk merendahkan dan menghancurkan kehidupan orang lain. Orang tua yang memaksakan kehendak kepada anaknya akan berakibat pada sikap pemberontakan, membela  dan tidak memperdulikan sikap tidak terpuji seorang anak akan mengakibatkan kesenjangan dalam kehidupan sosial seoarng anak karena selalu merasa benar. Mendidik seorang anak tidak selalu dengan membelanya bahkan anak diharuskan meminta maaf jika melakukan kesalahan, anak adalah cerminan tentang bagaimana cara kita mendidiknya. Kekuasaan harus didapat dengan cara yang benar tanpa mencurangi hasil sehingga pemimpin dapat melaksakanan tugasnya tanpa harus ada yang merasa tersakiti.

Dalam kehidupan bersosial sebaiknaya dengan saling menghormati antara satu dan lainnya tanpa memandang status atau kekuasaan serta harta yang dimiliki, maka akan tercipta lingkungan yang aman dan nyaman bagi sebuah keluarga yang sempurna. Janganlah memandang buruk seseorang hanya karena statusnya dan penampilan dari luarnya saja, tanpa menyadari kurangnya kepedulian kepada sesama. Bahkan kebencian tidak harus dibalas dengan kebencian, namun harus tetap bersikap baik kepada sesama.

Begitulah akhir cerita drama uncle ini, begitu menyentuh dan sarat akan makna semoga penonton dapat mengambil pesan yang disampaikan dari drama ini.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mangrove Forest Park Langsa Siap Jadi Destinasi Wisata Mendunia

18 April 2022 - 00:17 WIB

Istimewa

Review Drakor Military Prosecutor Doberman

9 Maret 2022 - 23:17 WIB

Review Film Special Delivery

28 Februari 2022 - 23:31 WIB

Review Film Special Delivery

Apa yang Menarik dari Drama Twenty Five Twenty One?

18 Februari 2022 - 23:15 WIB

Twenty five twenty one

One Ordinary Day Memandang Asas Praduga Tak Bersalah

12 Februari 2022 - 22:23 WIB

Ini Dia yang Harus Kamu Tahu Tentang Our Beloved Summer

12 Februari 2022 - 22:17 WIB

Trending di Entertainment