Hati-Hati Cat Rambut Bisa Timbulkan Kanker ! Perhatikan Cara Berikut Ini

by
Hati-Hati Cat Rambut Bisa Timbulkan Kanker ! Perhatikan Cara Berikut Ini

 

Hati-Hati Cat Rambut Bisa Timbulkan Kanker ! Perhatikan Cara Berikut Ini

Wartanusa.com – Mewarnai rambut dewasa ini sudah menjadi gaya hidup dikalangan masyarakat kita. Bahkan ada yang percaya bahwa dengan merubah warna rambut bisa mengembalikan sebuah mood, meningkatkan rasa percaya diri, hingga dapat merubah penampilan menjadi terlihat awet muda.

Bagi sebagian orang yang gemar mengecat rambut, mungkin banyak juga yang belum mengetahui dampak buruk bagi kesehatan akibat pewarna rambut dari bahan kimia yang tentunya tidak aman untuk digunakan. Faktanya, sudah banyak hasil penelitian membuktikan bahwa pewarna rambut menjadi salah satu faktor yang mungkin bisa memicu timbulnya berbagai jenis kanker. Menurut American Cancer Society, pewarna rambut memiliki banyak kandungan bahan kimia didalamnya. Biasanya orang akan terkena bahan kimia pewarna rambut melalui kontak dengan kulit.

Lantas, mengapa pewarna rambut bisa memicu timbulnya kanker ?

Seperti dikutip dari Hellosehat.com, menurut National Cancer Institute ada lebih dari 5.000 macam zat kimia yang terdapat dalam pewarna rambut. Salah satu nya adalah zat aromatic amines yang bisa menyebabkan kanker. Meski sejauh ini hasil penelitian menyebut kanker kandung kemih yang disebabkan oleh bahan kimia pewarna rambut kebanyakan terjadi pada orang yang bekerja sebagai penata rambut dan tukang cukur, tetapi, bukan hal yang mustahil resiko kanker juga akan menyerang kepada orang yang rambutnya dicat.

Baca Juga  Paket Internet Murah Telkomsel 2 GB 15 Ribu Terbaru
Ilustrasi
Ilustrasi

Leukimia dan Lymphoma Studi juga melihat kemungkinan adanya hubungan antara pengguna pewarna rambut pribadi dengan resiko kanker yang berhubungan dengan darah. Hasilnya pun beragam. Peningkatan resiko terhadap beberapa jenis non-Hodgkin lymphoma pada wanita yang menggunakan pewarna rambut yang lebih gelap.

Lalu seperti apa cara mewarnai rambut yang aman ?
Ada baiknya mengikuti cara-cara berikut ini bagi anda yang gemar mewarnai rambut secara pribadi dirumah :

1. Jangan meninggalkan pewarna rambut di kepala secara berlebihan.
2. Bilas kulit kepala secara menyeluruh.
3. Gunakan pelindung tangan.
4. Ikutilah petunjuk penggunaan produk.
5. Jangan mencampur pewarna rambut yang berbeda.
6. Jangan pernah mewarnai alis dan bulu mata.

About Author: Yazid Abdullah

Gravatar Image
Yazid Abdullah seorang yang sangat peduli terhadap bangsa ini, terbukti dalam setiap berita yang di tulis mengandung makna kritik sosial di dalamnya