Menu

Mode Gelap
PWI Aceh Serahkan Bantuan Kepada Wartawan Korban Banjir Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Headlines · 18 Jan 2020 23:31 WIB ·

Pecah Rekor, Ini Jumlah Durian Gratis yang Diburu Ribuan Warga di Kiram Park


 Pecah Rekor, Ini Jumlah Durian Gratis yang Diburu Ribuan Warga di Kiram Park Perbesar

Banjarbaru, Wartanusa.id – Satu lagi rekor Muri berhasil dicatatkan Provinsi Kalimantan Selatan dalam sebuah even skala besar yang melibatkan masyarakat. Di awal tahun 2020 ini, Provinsi Kalsel di bawah kepemimpinan Gubenur H Sahbirin Noor meretas rekor dalam merangkul ribuan masyarakat untuk menikmati buah durian.

Tercatat ada 23 ribu lebih orang yang dapat menikmati buah durian yang sudah disiapkan dengan jumlah sebanyak 43 ribu biji durian. Event rakyat Banua ini dilaksanakan di wisata Kiram Park, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/1/2020) siang.

Kemeriahan dan kebahagiaan sangat terasa dalam pesta durian Cuma-Cuma bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Sejak pagi hingga acara dimulai menurut catatan panitia sekitar 24 ribu masyarakat datang ke lokasi acara.

Banua dalam kebersamaan menikmati atau makan durian gratis bersama Paman Birin. “Hari ini kita makan durian bersama-sama dan mendapat penghargaan. Ini persembahan buat rakyat Kalsel,” ungkap Paman Birin -sapaan akrab H Sahbirin Noor-.

Paman Birin bertekad untuk menjadikan buah durian sebagai penunjang perekonomian di Kalsel. “Saat ini 20 persen perekonomian Kalsel masih disumbangkan oleh batu bara yang mana itu bisa habis sewaktu-waktu,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi Kalsel ingin mengganti sumber daya alam batu bara dengan sumber daya alam yang terbarukan melalui bidang pertanian salah satunya buah durian ini.

Paman Birin pun berharap ke depannya buah durian dan buah-buah lokal Kalsel lainnya bisa menjadi sumber daya alam terbarukan yang mampu menunjang perekonomian Kalsel dan mensejahterakan rakyat Kalsel.

Dalam gelaran pesta rakyat ini, Kalsel meraih dua penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia atas pencapaian peserta dan buah terbanyak. Terhitung 43 ribu durian dibagikan kepada 24 ribu masyarakat yang hadir.

“Penilaian ini berdasarkan hitungan jumlahnya. Untuk total segini baru pertama kali,” kata General Manager LPID Visca Mahu.

Untuk kategori pemrakarsa dianugerahkan kepada Gubernur H Sahbirin Noor. Dan satu kategori untuk penyelenggara  dianugerahkan kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel.

Selain makan bersama, dalam festival ini juga dilaksanakan kontes durian dan pameran buah eksotik khas Kalsel. Dalam penjurian, juara teratas ditempati durian asal Kabupaten Tanah Laut yaitu Si Mangkal sebagai juara 1 dan Si Tangkai Panjang sebagai juara 2.

Hari Riswanto

Artikel ini telah dibaca 161 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

TNI/Polri di Langsa Apel Siaga Jelang Peringatan Milad GAM

2 Desember 2022 - 17:29 WIB

Satu Rumah di Kuala Beukah Peureulak Ludes Terbakar

2 Desember 2022 - 10:18 WIB

Tiga Siswi SMKN 2 Langsa Raih Juara 1 Tingkat Nasional Anugerah Kihajar 2022

1 Desember 2022 - 20:43 WIB

Ekowisata Hutan Mangrove Langsa Resmi Dibuka Kembali

30 November 2022 - 14:14 WIB

Foto : Kepala BPHL Aceh, Dr Mahyuddin serahkan berita acara pembuatan Koordinat kepada Direktur PT Pekola disaksikan Pj Wali Kota Langsa.

Wisata Mangrove Forest Park Langsa segera Dibuka Kembali

27 November 2022 - 20:11 WIB

Foto : Tower Mangrove, salah satu icon objek wisata Mangrove Forest Park Langsa.

Polres Langsa Ringkus Dua Pria Bawa Ganja Kering 10 Kg

25 November 2022 - 14:15 WIB

Trending di Aceh