Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Headlines · 17 Jan 2017 20:39 WIB ·

PLT Gubernur DKI Sebut Desain Kereta MRT Mirip Jangkrik


 PLT Gubernur DKI Sebut Desain Kereta MRT Mirip Jangkrik Perbesar

Wartanusa.id – Setelah bermimpi selama bertahun-tahun, akhirnya Jakarta memiliki sistem kereta dalam kota sendiri yang disebut Mass Rapid Transit atau MRT. Namun belum lama ini, Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono meminta tim pengembang MRT untuk mengganti desain kereta MRT. Apa sebabnya?

Baru-baru ini Sumarsono mengakui bahwa dirinya tidak menyukai desain awal dari kereta MRT, terutama dalam bagian kepala kereta yang ia nilai mirip jangkrik itu.

“Wajah kereta tampak seperti jangkrik,” kata Sumarsono kemarin, seperti dikutip Detik.

Sumarsono mengatakan ia memerintahkan Nippon Sharyo dan Sumitomo Corporation, dua kontraktor asal Jepang yang bertanggung jawab untuk desain dan pembuatan MRT untuk kembali mendesain ulang wajah kereta MRT yang bakal beroperasi beberapa tahun kedepan itu.

Kepala keretanya kayak jangkrik. Untuk membutuhkan re-desain ini, kita akan undang pabriknya, yaitu Nippon Sharyo dan Sumitomo, pekan depan hari Jumat agar dijelaskan secara teknis mengenai muka daripada kepala kereta mock up (contoh) rolling stock,” ujar Sumarsono, Senin (16/1).

Dan inilah desain awal kereta MRT yang dipermasalahkan oleh Sumarsono

desain lama kereta mrt jakarta

Photo: PT. MRT Jakarta

Dan inilah desain kereta MRT yang sudah dirubah, kemungkinan MRT Jakarta nanti akan memiliki penampakan seperti ini

desain baru kereta mrt jakarta

Photo: PT. MRT Jakarta

Bagi sebagian orang termasuk Plt Gubernur DKI, Sumarsono mungkin mempermasalahkan desain kereta MRT yang mirip dengan jangkrik itu, namun terlepas dari itu desain baru yang ditawarkan terlihat lebih elegan dan aerodinamis.

Perubahan dilakukan tanpa mempengaruhi target penyelesaian dan operasi pada Maret 2019. PT MRT mempertimbangkan batas waktu tersebut untuk merealisasi usulan Sumarsono.

“Kalau diubahnya secara signifikan kan bisa terjadi keterlambatan, molor lagi waktunya, nanti berdampak pada penambahan biaya. Kalau biaya nambah di luar kontrak, nanti kan harus dibicarakan lagi soal pendanaannya,” ujar Dirut PT. MRT, William Sabandar.

Mundur ke belakang, Proses pembangunan MRT ini telah dimulai pada tanggal 10 Oktober 2013 dan diperkirakan selesai pada tahun 2018. Jalur MRT Jakarta rencananya akan membentang kurang lebih ±110.8 km, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus – Kampung Bandan) sepanjang ±23.8 km dan Koridor Timur – Barat  sepanjang ±87 km. KRL yang akan dioperasikan MRT Jakarta rencananya akan menggunakan sistem automatic train operation.

(as)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kejari Langsa Tetapkan Empat Tersangka Kasus Korupsi Jembatan Hutan Mangrove

19 Juni 2025 - 18:21 WIB

Polemik Empat Pulau Berakhir, PWI Aceh Apresiasi Peran Wartawan

18 Juni 2025 - 15:23 WIB

H. Ilham Pangestu Ajak Ulama dan Rakyat Aceh Do’akan Perjuangan Mualem dan Forbes

15 Juni 2025 - 23:05 WIB

FOPISA Minta DPRA & Pemerintah Aceh Tinjau Kembali Rekomendasi Pergantian Pejabat Utama PTPN IV Regional 6

15 Juni 2025 - 13:46 WIB

Idul Adha 1446 H, PWI Langsa Sembelih Tiga Ekor Sapi

4 Juni 2025 - 19:47 WIB

PWI Aceh: Status Empat Pulau di Aceh Singkil jangan Jadi ‘Jualan’ Politisi

4 Juni 2025 - 16:35 WIB

Trending di Aceh