Menu

Mode Gelap
PWI Aceh Serahkan Bantuan Kepada Wartawan Korban Banjir Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Jambi · 12 Mei 2022 20:38 WIB ·

Pemerintah Provinsi Jambi Rakor Persiapan BIAN 2022


 Pemerintah Provinsi Jambi Rakor Persiapan BIAN 2022 Perbesar

Wartanusa.id – Jambi | Pemerintah Provinsi Jambi berkerjasama dengan UNICEF menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022. Kamis (12/05/2022).

Kegiatan Rakor dibuka oleh Asisten I Sekda Provinsi Jambi, Drs. Apani Saharuddin yang diikuti sekitar 50 orang peserta terdiri dari Unicef, UIN Sultan Thaha, Stikes Harapan Ibu, para OPD terkait tingkat Provinsi, Kanwil Kemenag Jambi, Korem 042 dan Polda Jambi, Poltekes, Dinas Kesehatan Kabupaten Kota, RS Mattaher, ormas keagamaan, Forum mahasiswa Kesehatan masyarakat dan organisasi profesi.

Mewakili Gubernur, Drs. Apani Saharuddin mengatakan bahwa BIAN ini sangat perlu dukungan banyak pihak, sehingga semua anak-anak Jambi bisa mendapatkan hak imunisasinya.

“Kita belajar dari Covid 19, dalam penanganan dan kerajasama semua pihak, sehingga bisa mencapai target,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi sekaligus ketua panitia dr. Feri Kusnadi menjelaskan bahwa Rakor ini digelar dalam rangka mencapai Eliminasi Campak-Rubela tahun 2023, mewujudkan Dunia bebas Polio tahun 2026, serta mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I) dI Provinsi Jambi.

“Maka, perlu dilaksanakan Pemberian Imunisasi Tambahan Campak-Rubela dan Imunisasi Kejar bagi anak secara terintegrasi dalam kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN),” ujarnya.

Menurut Feri, kasus Rubella Sudah mulai ditemukan di Jambi. Sementara, kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan imunisasi rutin, para petugas terpecah konsentrasi sehingga terjadi penurunan cakupan Imunisasi anak.

Feri berharap di akhir pertemuan ini harus melahirkan kesepakatan dan komitmen Bersama untuk mensukseskan BIAN di Provinsi Jambi.

Senada dengan Feri Kusnadi, Dr. Eva Susanti selaku Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Jambi mengatakan bahwa pertemuan ini nantinya akan menghasilkan tiga produk hukum yang mendukung BIAN dan Imunisasi rutin.

“Hasil pertemuan ini akan membentuk kelompok kerja BIAN, Intruksi Gubernur tentang BIAN dan Peraturan Gubernur tentang Imunisasi Dasar Lengkap,” tandas Dr Eva.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Seorang Pria di Langsa Ditemukan Tewas Gantung Diri

29 Januari 2023 - 17:52 WIB

Ilustrasi

198 PPS se Kota Langsa Dilantik

24 Januari 2023 - 11:49 WIB

Foto : Penandatanganan Fakta Integritas.

Jansen Sitandaon Ajukan Diri melalui Demokrat, Tolak Sistem Pemilu Tertutup

20 Januari 2023 - 20:31 WIB

Usai Eksekusi, STIKes Bustanul Ulum dan MUQ Langsa Alih Pengelola

19 Januari 2023 - 17:58 WIB

Foto : PN Langsa pemasangan kunci saat melakukan eksekusi perkara YDBU di MUQ Langsa.

PN Langsa Eksekusi Perkara YDBU

19 Januari 2023 - 12:52 WIB

Foto : PN Langsa memasang plank eksekusi di Stikes Bustanul Ulum, terletak di Gampong Tualang Teungoh.

Ini 17 Bakal Calon Rektor IAIN Langsa

18 Januari 2023 - 21:00 WIB

Trending di Aceh