Kualifikasi Piala Dunia 2018: 7 Gol Tercipta di Sofia, Bulgaria Pimpin Klasmen Sementara Grup A

Bulgaria v Luxemburg (6-9-2016)

Wartanusa.com – Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A, Zona UEFA,  Boleh dibilang sebagai grup maut diantara grup-grup yang ada di zona UEFA. Mengapa tidak, di grup A ini dihuni oleh beberapa tim-tim unggulan. Seperti, Belanda, Prancis, Swedia, serta Bulgaria yang mana ke-empat tim tersebut mempunyai pemain-pemain yang sarat  pengalaman di liga-liga eropa.

Dari Vasil levski Stadium di kota Sofia, mempertemukan tuan Rumah Bulgaria menghadapi Luxemburg. Disaksikan hanya 2000 pasang mata, Bulgaria sukses dengan susah payah mengalahkan tim asuhan pelatih Luc Holtz ini dengan skor 4-3. Bulgaria unggul dulu di babak pertama melalui gol Dimitar Rangelov di menit 16. Gol ini, satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama.

Memasuki babak ke-dua, Luxemburg berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Aurelien Joachim di menit 60. Namun hanya berselang dua menit, tepatnya di menit 62’, Luxemburg berhasil menggandakan skor, dan lagi-lagi gol di cetak oleh pemain klub anggota divisi dua Belgia, Royal White Star Bruxelles, Aurelien Joachim. Skor 1-2 untuk keunggulan Luxemburg.

Hanya berselang tiga menit dari gol Joachim, Bulgaria berhasil menyamakan kedudukan 2-2 oleh gol yanmg dikreasikan Marcelinho di menit 65’. Dengan menguasai 57% jalannya pertandingan dibanding Luxemburg yang hanya 43%, anak-anak asuhan pelatih Ivaylo Petev berhasil merubah skor menjadi 3-2 di menit 79’ melalui gol yang dicetak Ivelin Popov.

Namun Luxemburg tidak patah arang, tepatnya di menit 90’ Florian Bohnet berhasil menyamakan kedudukan 3-3. Serasa pertandingan akan berakhir seri, membuat Luxembur kurang fokus dalam permainan. Akhirnya di waktu Injury time dan waktu hampir berakhir, Bulgaria berhasil mengunci kemenangan melalui gol yang di cetak Alexandar Tonev. Skor akhir 4-3 untuk Bulgaria.

Sementara itu hasil kurang memuaskan dipetik anak-anak asuhan Didier Deschamps, setelah ditahan imbang tuan rumah Belarusia dengan skor 0-0. Di lihat dari statistik pertandingan yang dilansir Livescore.com, Les Blues Prancis menguasai jalannya pertandingan dengan 65% dibanding Belarusia yang hanya 35%. Serta melakukan 20 percobaan tembakan ke gawang, diantara nya 10 tepat sasaran. Namun pertahanan berlapis yang di buat tim arahan pelatih Aleksandr Khatskevich ini membuat semua peluang tim ayam jantan ini pupus.

Antoine Grizemann (7) menghindari Tekling pemain Belarusia, dalam laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A (Zona UEFA). (6/9/2016)
Antoine Grizemann (7) menghindari Tekling pemain Belarusia, dalam laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A (Zona UEFA). (6/9/2016)

Di laga lainnya yang digelar di Friends Arena Stadium, di kota Solna, hanya menghasilkan skor imbang 1-1 antara tuan rumah Swedia kontra Belanda. Swedia unggul terlebih dahulu melalui gol Marcus Berg di menit 43’, kemudian pada akhirnya disamakan oleh Wesley Sneijder di menit 67’. Dengan hasil ini Bulgaria memimpin klasmen sementara grup A dengan perolehan 3 poin.

Wesley sneijder (kanan) pencetak gol penyeimbang Belanda ke gawang Swedia, dalam Kualifikasi Piala Dunia Grup A (Zona UEFA) yang berakhir imbang 1-1. (6/9/2016)
Wesley sneijder (kanan) pencetak gol penyeimbang Belanda ke gawang Swedia, dalam Kualifikasi Piala Dunia Grup A (Zona UEFA) yang berakhir imbang 1-1. (6/9/2016)

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A (Zona UEFA):

Belarusia 0-0 Prancis

Swedia 1-1 Belanda

Bulgaria 4-3 Luxemburg

Klasmen Sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A (Zona UEFA):

No Tim Main Menang Kalah Seri poin
1 Bulgaria 1 1 3
2 Belanda 1 1 1
3 Swedia 1 1 1
4 Belarusia 1 1 1
5 Prancis 1 1 1
6 Luxemburg 1 1 o

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *