Menu

Mode Gelap
PWI Aceh Serahkan Bantuan Kepada Wartawan Korban Banjir Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Lifestyle · 16 Jan 2020 03:58 WIB ·

Cara Berhenti Merokok dengan Olaharaga Teratur


 Cara Berhenti Merokok dengan Olaharaga Teratur Perbesar

Sekarang ini, merokok telah menjadi sebuah kebiasaan terutama di Indonesia. Padahal, merokok sendiri merupakan tindakan yang tidak sehat bagi tubuh. Ada banyak dampak yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan merokok ini, terlebih bagi kesehatan. Maka dari itu, penting bagi para perokok untuk mengetahui cara berhenti merokok sepenuhnya.

Bukan tanpa alasan, dengan mulai menghentikan kebiasaan merokok ini, anda telah memiliki investasi kesehatan bagi tubuh. Memang butuh waktu yang lama untuk bisa terbebas dari rokok ini sepenuhnya, tapi ada beberapa tips untuk berhenti merokok secara alami dan mudah dilakukan.

Sebelum itu, perlu diketahui pula bahwa ada banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok ini. Salah satu akibat yang paling parah adalah kanker paru-paru serta kanker pita suara. Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan penyakit komplikasi seperti serangan jantung, stroke, hingga sesak nafas dan batuk.

Penyakit-penyakit itu muncul dari bahan-bahan yang terkandung dalam rokok. Pasalnya, rokok ini mengandung banyak sekali bahan kimia yang secara tak langsung dapat menimbulkan beragam penyakit dalam jangka waktu tertentu. Maka dari itu, wajib sekali bagi Anda para perokok untuk mulai mengetahui cara berhenti merokok.

Olahraga Teratur

Ada beragam cara yang dapat Anda coba untuk meninggalkan kebiasaan merokok ini. Tentunya, cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan juga alami. Dengan menggunakan cara alami ini juga akan berdampak bagi kesehatan Anda karena secara tak langsung juga dapat menyehatkan kembali tubuh Anda.

Nah, salah satu cara yang paling jitu adalah mulai menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga. Olahraga ini merupakan cara yang paling mudah, praktis dan gampang bagi Anda yang hendak memulai berhenti dari kebiasaan merokok. Terlebih lagi, olahraga dapat dilakukan kapan saja dan hemat biaya.

Olahraga ini sendiri dipercaya dapat membantu mengurangi dan mengalihkan hasrat ingin merokok yang Anda rasakan. Jika Anda ingin merokok, kenakanlah sepatu olahraga dan mulailah lakukan aktivitas olahraga, seperti lari, jogging, bersepeda, berenang atau bahkan juga Anda dapat pergi ke pusat kebugaran terdekat di rumah Anda.

Olahraga-olahraga itu pun tak hanya dapat Anda lakukan setiap pagi saja. Pasalnya, jika dalam keseharian Anda memiliki aktivitas yang padat, maka olahraga dapat Anda lakukan ketika sore atau malam hari sehabis Anda pulang bekerja. Saat akhir pekan pun, luangkan lah pula waktu untuk berolahraga agar Anda pun semakin sehat dan dapat berhenti merokok.

Selain olahraga lari, jogging, bersepeda dan renang, Anda pun juga dapat melakukan senam kebugaran yang dijamin juga dapat membantu untuk berhenti merokok. Selain itu, yoga juga bisa menjadi pilihan terbaik, apalagi yoga ini mampu membantu untuk mengelola pikiran Anda sehingga Anda dapat semakin fokus untuk berhenti merokok.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda pun diharuskan rutin melakukan kegiatan yang menyehatkan ini. Anda dapat melakukannya dengan membuat jadwal harian untuk berolahraga. Dengan adanya jadwal ini, maka dapat membantu Anda untuk melakukan olahraga secara teratur dan terpola dengan baik.

Namun, untuk intensitas olahraga yang Anda lakukan ini alangkah baiknya jika dilakukan dengan intensitas ringan. Bukan tanpa alasan, umumnya jika sebelumnya Anda adalah seorang perokok berat dan hendak berhenti merokok, pasti akan merasakan mudah lelah dan nafas terengah-engah ketika olahraga.

Maka dari itu, lakukannya olahraga secara bertahap dan perlahan-lahan. Jangan langsung melakukan olahraga berat ketika awal berhenti merokok. Pasalnya, olahraga berat jika langsung dilakukan kurang bagus untuk kesehatan Anda terutama untuk sistem pernafasan Anda sendiri.

Anda pun juga harus dapat mengatur pola hidup sehat dengan ditunjang konsumsi makanan seperti sayur dan buah. Tak Cuma itu, Anda juga harus mengatur waktu istirahat secara teratur. Dengan istirahat teratur akan membantu Anda untuk berhenti merokok. Itu tadi salah satu cara berhenti merokok yang dapat dilakukan secara alami.

Sudah jelas bahwa olahraga bisa menjadi cara terampuh bagi Anda yang hendak berhenti merokok. Selain olahraga diatas, ada beragam cara berhenti merokok lainnya yang dapat Anda lakukan disni https://www.cekaja.com/info/cara/-berhenti-merokok-dan-meningkatkan-stamina-untuk-perokok-aktif/. Dengan mengkombinasikannya akan mempercepat Anda berhenti merokok, karena kegiaan tersebut akan mengalihkan Anda dari mengingat rokok. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah dibaca 87 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Poktan Juli Tani, Penghasil Ribuan Ton Cabai Merah per Tahun

9 November 2022 - 12:33 WIB

Penyemaian bibit Cabai Poktan Juli Tani, Desa Sidodadi Ramunia.

Perkembangan Plafon Rumah untuk Hunian yang Lebih Mewah dan Elegan

10 Agustus 2022 - 21:50 WIB

plafon pvc

Inilah 6 Produk Parfum Khusus Wanita Dari Brand Bies

31 Juli 2022 - 09:48 WIB

Tips Merawat Kulit Menggunakan Skincare Yang Mengandung Glycolic Acid

16 Juli 2022 - 07:07 WIB

Budidaya Madu Kelulut Primadona di Masa Pandemi

19 Januari 2022 - 14:46 WIB

Launching di Kota Langsa, Bakso Mantep 23 Berbagi 1.000 Kebaikan

22 November 2021 - 20:25 WIB

Foto : Launching Bakso Mantep 23 di Jalan Medan - Banda Aceh depan Polres Langsa, Gampong Baro, Kecamatan Langsa Lama dipadati penikmat kuliner.
Trending di Aceh