Wartanusa.id – Setelah menjalani kerjasama membuat pelayan robot dibeberapa gerai KFC di Tiongkok. Kini perusahaan digital terkemuka Baidu dan KFC dikabarkan telah sepakat menjalin kerjasama untuk membuat sebuah outlet yang sangat canggih dan digadang-gadang sebagai restoran pertama di dunia yang mengusung kecanggihan digital yang mereka beri nama Smart Restaurant.
Nantinya restoran ini memiliki teknologi yang dapat membuat pelanggan tidak perlu memesan makanannya di depan pramusaji namun langsung berhadapan dengan layar dan dengan otomatis sang pelangganan akan diberikan menu dan rekomendasi menu yang disesuaikan dengan mood, jenis kelamin, dan berbagai ekspresi si pelanggan.
Dan wajah sang pelanggan tersebut akan disimpan di sebuah server khusus, sehingga saat pelanggan datang lagi ke restoran tersebut, sang pelanggan akan diberikan semacam history pelanggan tersebut dan beberapa menu favorit sang pelanggan akan direkomendasikan kembali.
“Pelanggan wanita kisaran umur 20 tahunan akan kami berikan rekomendasi berupa menu, ayam goreng, hamburger, Coke, dan berbagai macam makanan lainnya. Tidak sama dengan pelanggan wanita berumur 50 tahun jelas mereka akan mendapat rekomendasi makanan bubur, susu kedelai dan makanan sehat lainnya,” tulis Baidu di situs resminya.
Walau sangat canggih, namun sistem baru ini banyak menuai kritik dari berbagai praktisi digital bukan saja di Tiongkok namun juga dunia.
Beberapa mengkritik diantaranya terkait data kerahasiaan yang sangat rentan kepada pelanggan. Dan beberapa privasi pelangganan menjadi perhatian media setempat. Sampai berita ini diturunkan, gelombang penolakan sistem canggih ini masih saja bergulir. (Abn)