Menu

Mode Gelap
PWI Aceh Serahkan Bantuan Kepada Wartawan Korban Banjir Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Aceh · 13 Sep 2022 20:19 WIB ·

Pekerja Angkutan Darat Tolak Hasil Muscab IV DPC Organda Langsa


 Pekerja Angkutan Darat Tolak Hasil Muscab IV DPC Organda Langsa Perbesar

Wartanusa.id – Langsa | Sejumlah pekerja angkutan darat menolak hasil Musyawarah Cabang (Muscab) ke IV Organisasi Gabungan Angkutan Darat (Organda) Langsa yang diduga sarat dengan kepentingan.

Mereka mengajukan penolakan dalam surat yang ditujukan kepada Ketua Umum DPP Organda, ditandatangani, mantan Wakil Ketua Organda Langsa, Abdullah Hanafiah, mantan Wakil Sekretaris, Yusri Tambunan serta perwakilan dan pekerja angkutan penumpang umum Kota Langsa.

Diketahui, Muscab IV Organda Langsa dilaksanakan pada, 31 Agustus 2022 di Terminal Terpadu setempat dan H. T Anwar Yusuf kembali terpilih menjadi Ketua DPC Organda Kota Langsa periode 2022-2027.

Dalam surat penolakan yang diterima wartanusa.id, Selasa, (13/09/2022), menyebutkan beberapa poin penolakan hasil Muscab tersebut, yakni selama ini ketua dan sekretaris DPC Organda Langsa tidak melaksanakan dan tidak menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana dalam BAB IV PasaL 9 dan 10 AD/ART Organda. Dan, mereka juga tidak pernah melakukan rapat pengurus selama satu periode masa kepemimpinannya.

Selain itu, ketua dan sekretaris juga tidak pernah hadir melihat, mendengarkan serta memberi pembinaan bagi angkutan barang dan angkutan penumpang di Kota Langsa selama periode kepengurusan.

Muscab yang dilaksanakan beberapa hari lalu dilaksanakan dalam keadaan tanpa persiapan, terburu-buru. Dimana, undangan peserta dibagikan satu hari sebelum acara dan tanpa diketahui oleh sebahagian pengurus.

Lalu, dalam surat itu juga menerangkan bahwa wakil ketua diberitahukan akan digelar Muscab hanya melalui telepon tanpa ada undangan.

Kemudian, penetapan panitia penyelenggara Muscab dibentuk secara pribadi oleh ketua dan sekretaris tanpa berkordinasi dan melibatkan pengurus Organda lainnya. Sehingga patut diduga bahwa pelaksanaan Muscab sarat dengan kepentingan mereka saja.

Tata tertib Muscab yang seharusnya dibahas dalam musyawarah ternyata telah disiapkan sebelumnya oleh panitia yang kemudian dibacakan oleh utusan DPD Organda Aceh, tanpa memberikan kesempatan kepada peserta untuk menolak dan merubah banyak poin yang tidak sesuai dengan aturan yang sebenarnya.

Utusan DPD yang seharusnya menjadi pengawas Muscab telah mengambil alih dan memposisikan dirinya sebagai pimpinan Muscab dan mengendalikan rapat tanpa mendengarkan dan menolak saran dan pendapat peserta.

Laporan pertanggung jawaban ketua di dalam Muscab tidak mencerminkan laporan pertanggung jawaban sebuah organisasi besar setingkat Organda.

Dimana, pertanggungjawaban hanya mengatakan bahwa semua kegiatan rapat dan kegiatan Organda selama ini memakai biaya pribadi termasuk  pelaksanaan Muscab. Kegiatan dan program kerja otomatis tidak disinggung sama sekali yang menandakan bahwa Organda Langsa tidak melakukan kegiatan apapun selama ini.

Sementara itu, Ketua DPC Organda Langsa terpilih, H. T Anwar Yusuf, dikonfirmasi wartanusa.id, menegaskan bahwa Muscab yang dilaksanakan beberapa hari lalu sah, karena dihadiri oleh pengurus Organda Provinsi Aceh. Dan, yang mendaftar sebagai peserta mempunyai perusahaan serta kartu tanda anggota.

Menurut Anwar yang menolak Muscab itu tidak mempunyai perusahaan angkutan yang berdomisili di Kota Langsa.

“Saat ini Organda sudah semakin dewasa, jadi yang masuk dalam pengurus adalah yang memiliki perusahaan angkutan dan membayar iuran kartu anggota ke Organda Pusat dan Provinsi Aceh, jadi mereka itulah yang bisa memilih,” tegasnya.

Artikel ini telah dibaca 134 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

SD Muhammadiyah Lembah Jaya Aceh Tamiang Wisuda Tahfidh Kedua

4 Februari 2023 - 23:30 WIB

Putra Zulfirman Kembali Pimpin PWI Langsa

30 Januari 2023 - 20:32 WIB

Ketua PWI Langsa Putra Zulfirman.

Nasir Nurdin : PWI Langsa Role Model Organisasi

30 Januari 2023 - 12:37 WIB

Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin.

Polsek Langsa Timur Ciduk Pencuri Sepmor

29 Januari 2023 - 18:13 WIB

Seorang Pria di Langsa Ditemukan Tewas Gantung Diri

29 Januari 2023 - 17:52 WIB

Ilustrasi

KPH Wilayah IV Aceh Surati PT RM, Minta Hentikan Aktivitas di Kawasan Hutan Produksi

28 Januari 2023 - 03:28 WIB

Trending di Aceh