Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Aceh · 8 Nov 2023 21:17 WIB ·

Perkuat Sinergi, Camat Langsa Lama Ajak PPK dan Panwascam Diskusi Kepemiluan


 Perkuat Sinergi, Camat Langsa Lama Ajak PPK dan Panwascam Diskusi Kepemiluan Perbesar

Wartanusa.id – Langsa | Pemerintah Kecamatan Langsa Lama menggelar rapat koordinasi bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) setempat dalam rangka memperkuat sinergisitas menjelang Pemilu 2024. Rabu (08/11/2023).

Hadir dalam pertemuan yang berlangsung di Aula Kecamatan Langsa Lama, Camat Reza Ardiansyah, S.STP, M.SP didampingi Kasie PMG, Adie Wijaya, SH yang juga Sekretaris PPK beserta Kasie Trantib sekaligus Sekretaris Panwascam Dedi Mawardi, SH dan seluruh PPK dan Panwascam.

“Tiga bulan menjelang pesta demokrasi, selaku kepala pemerintahan di Kecamatan Langsa Lama, saya turut bertanggung jawab mensukseskan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

“Maka saya mengajak PPK dan Panwascam untuk bersama mengupayakan keberlangsungan proses pemilu secara berkesimbungan, agar dapat meminimalisir adanya potensi masalah pada hari pemungutan suara,” ungkap Reza Ardiansyah.

Reza memaparkan, keberadaan dua kampus negeri (Unsam dan IAIN) di Kecamatan Langsa Lama tidak bisa di pandang sebelah mata, karena dengan banyaknya mahasiswa luar yang tinggal indekos di sekitar kampus harus menjadi perhatian terhadap data pemilih.

“Meskipun Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah ditetapkan, jangan sampai hak pilih mereka terabaikan, karena belum tentu mereka bisa pulang ke daerah asal, seperti yang kita tahu menurut laporan dari Gechik sekitar kampus, ada warga dari luar yang kos di gampongnya bahkan dari Papua. Kemungkinan mereka tidak bisa pulang ke kampung halamannya pada hari pemungutan suara,” papar Camat.

Untuk itu, sambung Reza, pihaknya akan memfasilitasi kerja Penyelenggara pemilu baik PPK, Panwascam sampai tingkat desa dan TPS.

“Kami pemerintah akan hadir, seperti yang diamanahkan Pj Wali Kota Syaridin, selaku pemerintah wajib mensukseskan Pemilu 2024.

Oleh karena itu, PPK dan Panwascam jangan sungkan melaporkan kepada kami, baik secara langsung maupun melalui sekretariat apabila ada permaslahan baik terkait data penduduk maupun kerawanan pemilu,” demikian pungkas Reza Ardiansyah.

Sementara itu, Ketua PPK Langsa Lama, Zakinaufal menyambut baik koordinasi yang digagas Camat Langsa Lama dan ini pastinya bukan pertemuan pertama masih banyak lagi pertemuan menjelang pemilu.

“Selaku penyelenggara teknis di tingkat kecamatan, kami akan bekerja maksimal dan itu tak terlepas dari dukungan dan kerjasama Pemerintah Kecamatan, Gampong dan Pengawas Pemilu.

“Saat ini, terkait data pemilih sedang tahapan daftar pemilih tambahan (DPTb) untuk pindah memilih, kami juga sudah mensosialisasikan kepada PPS di masing-masing gampong begitupun di Kecamatan dengan membentang spanduk berisi syarat pindah memilih tinggal pemilih melaporkan.

Begitupun sosialisasi juga sudah di sampaikan PPS melalui pengumuman di mesjid untuk pemilih yang akan pindah memilih. Sampai saat ini sudah ada sekitar 15 orang yang terkonfirmasi pindah memilih di Kecamatan Langsa Lama,” ujar Zaki.

Kemudian ditambahkan Ketua Panwascam, Maulana Ira bahwa pengawasan proses pemilu menjadi prioritas panwascam dan jajarannya di Desa.

Namun demikian, sambung Maulana, pihaknya saat ini sedang fokus mengimbau kepada peserta Pemilu untuk penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

“Usai ditetapkan DPT tanggal 03 November lalu, ke depannya tepat 28 November 2023 akan masuk tahapan kampanye, kami berharap dukungan dari PPK, Kecamatan dan Pemerintah Gampong dalam Kecamatan Langsa Lama,” pungkas Maulana Ira.

Artikel ini telah dibaca 107 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jual Sabu, Dua IRT di Langsa Ditangkap

29 Februari 2024 - 18:49 WIB

Nilai Kesetiakawanan Teruji Setelah 25 Tahun Batara 1999

27 Februari 2024 - 08:38 WIB

Mahasiswa asal Sumut Ditemukan Tewas Tergantung di Langsa

24 Februari 2024 - 23:56 WIB

IAIN Langsa Fokus Tingkatkan Akreditasi

23 Februari 2024 - 09:05 WIB

Tahun Ajaran 2024, IAIN Langsa Buka Prodi PPG, BKPI dan Jurnalistik

17 Februari 2024 - 19:23 WIB

IAIN Langsa Buka Tiga Jalur PMB, SPAN – PTKIN Gratis Biaya Pendaftaran

12 Februari 2024 - 11:03 WIB

Trending di Aceh