Memang cukup menarik untuk menyimak persaingan di segmen skutik premium 150 cc, dimana ada Honda PCX dan Yamaha NMax yang tengah bertarung. Karakter yang dimiliki kedua skutik tersebut serupa yaitu berbadan bongsor dengan dek memanjang. Tapi dilihat dari spesifikasinya, Honda PCX tahun 2020 memiliki lini varian yang lengkap karena ada versi hybrid dan motor listriknya.
Kamu harus tahu jika sebenarnya Honda PCX adalah pelopor skutik premium bermesin 150 cc. Awalnya, PT Astra Honda Motor menghadirkan Honda PCX dengan mesin 125 cc, kemudian 150 cc yang diimpor langsung dari Vietnam. Saat itu, Honda PCX masih menjadi pemain tunggal sebelum Yamaha NMax muncul.
Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini beberapa fakta menarik tentang Honda PCX di tahun 2020, diantaranya yaitu :
1. Pelopor Fitur Keyless Dan Hazard Di Skutik Premium
Honda PCX yang merupakan pepolor skutik premium 150 cc memiliki karakter yang mengutamakan kenyamanan berkendara. Skutik premium ini pengendaliannya lincah untuk bermanuver, sehingga sangat cocok dipakai di kota besar. Karena skutik ini mengejar kenyamanan, sehingga karakter mesin yang digunakannya juga tidak seagresif Yamaha NMax.
AHM terus berinovasi menghadirkan fitur serta teknologi terkini pada Honda PCX, seperti fitur Smart Key Sistem atau Keyless serta fasilitas charging di konsol depan.
2. Style Luxurious Ala Honda PCX 2020
Honda PCX generasi ketiga ini hadir di Indonesia dengan gaya Sophisticated dan Luxurious atau mengutamakan kesan mewah dan kenyamanan. Meski begitu, karakter sebenarnya dari desain Honda PCX ini memiliki aura sporty saat dikendarai. Pastinya buka dari sisi perfomanya, namun dari posisi berkendara yang cenderung mirip skutik mainstream.
Honda PCX terkesan bongsor dibandingkan pesaingnya berkat desain fairing depan yang melebar dengan headlamp berdesain seperti bentang sayap. Sistem pencahayaannya juga baik untuk lampu depan ataupun belakang yang seluruhnya sudah menggunakan teknologi LED. Pengendara juga disuguhi instrument cluster bergaya full digital khas skuter premium.
3. Mesin 150cc Legendaris Yang Juga Dipakai Vario Dan ADV
Bukan rahasia lagi jika pabrikan kendaraan biasanya menggunakan satu basis mesin untuk beberapa model. Hal tersebut juga dilakukan AHM dalam menggarap Honda PCX, dimana digunakannya basis mesin yang sama seperti Vario 150. Meski basis mesinnya sama, namun bukan berarti karakter output tenaganya juga serupa.
Mesin Honda PCX standar memiliki perbandingan diameter X langkah 57,3 x 57,9 mm yang menghasilkan tenaga maksimum 10,8 kW (14,7 PS)/8.500 rpm serta torsi 13,2 N.m (1,35 kgf.m)/6.500 rpm. Sedangkan Honda PCX Electric memiliki tenaga terendah yaitu hanya mampu menghasilkan output maksimum 4.2 k sejak putaran rendah.
Dan untuk Honda PCX versi hybrid, tenaganya lebih besar berkat adanya motor listrik. Tenaga tambahan diperoleh dari motor listrik sebesar 1,4 kW/3.000 rpm serta torsi 4,3 N.m/3.000 rpm.
4. Handling Lincah Ala Skutik Bongsor
Kali ini Honda patut diacungi jempol dalam merancang desain PCX 150. Meski memiliki desain yang gendut, tetapi handling dari Honda PCX 2020 ini lincah dan presisi. Pengendara tidak akan kesulitan saat harus bermanuver membelah kemacetan kota kota besar saat mengendarai Honda PCX.
Ditahun 2020 kemarin, Honda PCX hadir dalam tiga varian yaitu CBS seharga Rp. 29.509.000, ABS seharga Rp. 32.511.000, dan yang tercanggih ada Hybrid dengan harga Rp. 42.899.000.