Menu

Mode Gelap
PWI Aceh Serahkan Bantuan Kepada Wartawan Korban Banjir Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Aceh · 30 Nov 2022 14:14 WIB ·

Ekowisata Hutan Mangrove Langsa Resmi Dibuka Kembali


 Foto : Kepala BPHL Aceh, Dr Mahyuddin serahkan berita acara pembuatan Koordinat kepada Direktur PT Pekola disaksikan Pj Wali Kota Langsa. Perbesar

Foto : Kepala BPHL Aceh, Dr Mahyuddin serahkan berita acara pembuatan Koordinat kepada Direktur PT Pekola disaksikan Pj Wali Kota Langsa.

Wartanusa.id – Langsa | Ekowisata hutan Mangrove Kota Langsa resmi dibuka kembali setelah tiga bulan tutup. Rabu (30/11/2022).

Acara peresmian dan serah terima berita acara pengelolaan tersebut berlangsung di tower mangrove Gampong Kuala Langsa Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Provinsi Aceh.

Kepala Balai Pengelolan Hutan Lestari (BPHL) Aceh, Dr Mahyuddin mengatakan ekowisata hutan mangrove resmi dibuka kembali setelah memperoleh izin dari Kementrian Lingkungan Hidup.

“Fungsi pengelolaan hutan mangrove sebagaimana pengelolaan kawasan hutan lindung. Semoga dengan dibukanya kembali ekowisata hutan mangrove dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,” sebut Mahyuddin.

Sementara itu, Pj Wali Kota Langsa, Said Mahdum mengatakan selamat atas penyerahan Berita Acara pembuatan Koordinat Geografis Batas Areal Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH) PT Pelabuhan Kota Langsa (Pekola) seluas 119,50 Ha dan rekomendasi untuk reaktivasi kegiatan ekowisata hutan mangrove.

“Mudah-mudahan pembukaan kembali ekowisata hutan mangrove ini dapat menumbuhkan prakarsa atau inisiatif baru di kalangan pemerintah gampong, masyarakat, dan pelaku usaha lainnya untuk pengembangan pariwisata melalui penyediaan jasa akomodasi yang murah meriah (home stay atau cottage), jasa susur alur, jasa pemandu wisata, pembuatan oleh-oleh/cinderamata, pengembangan pusat jajan kuliner, dan lain-lain.

Hal yang harus betul-betul dijaga adalah kebersihan, keamanan, ketertiban, dan kenyamanan pengunjung. Kita harus mampu membuat pengunjung terkenang dan selalu ingin mengulang untuk datang ke Kuala Langsa.

“Kita juga jangan hanya fokus pada infrastruktur pariwisata yang dibangun oleh pemerintah kota. Pemerintah gampong dapat memaksimalkan Dana Desa untuk membuat kawasan wisata sendiri. DPMG kami minta untuk dampingi secara serius gampong Kuala Langsa dan sekitarnya membangun kawasan wisata.

Di kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ada program yang bisa diakses untuk pengembangan Desa Wisata. Terobosan seperti itu yang harus dilakukan agar percepatan pembangunan terjadi. Demikian juga di Kementerian Keuangan RI juga ada program terkait pengembangan mangrove dan ekonomi berkelanjutan yang menjadi salah satu isu utama di KTT G-20 yang baru lalu. Para pimpinan OPD terkait harus berinovasi agar program seperti itu dapat kita bawa pulang ke Langsa.

Alhamdulillah pada tanggal 25 November 2022 kita memperoleh Anugerah Pesona Indonesia (API Award) untuk Branding Pariwisata Terbaik, yaitu “Langsa Pesona Pesisir Timur Aceh”. Anugerah tersebut bertepatan dengan akan dibukanya kembali ekowisata hutan mangrove.

“Mudah-mudahan ini penjadi penanda baik untuk tumbuh kembangnya sektor pariwisata di Kota Langsa. Anugerah tersebut juga meningkatkan daya tawar diplomasi Pemko Langsa ke pihak lain, terutama untuk program pembangunan pariwisata berkelanjutan,” imbuh Said Mahdum.

Sebelumnya, Direktur PT Pekola, Muhammad Nur mengatakan pihaknya berterimakasih kepada Pemko Langsa, terutama kepada pihak KLHK dalam hal ini BPHL Wilayah I Aceh yang telah memberikan hak atas pengelolaan ekowisata hutan mangrove Langsa.

“Kami akan melakukan pengelolaan sebaik-baiknya, semoga dapat bermanfaat untuk pengembangan pariwisata di Kota Langsa,” pungkasnya.

Hadir pada peresmian tersebut, Forkopimda Langsa, Anggota DPRA, Irfansyah dan Nova Zahara, Kepala OPD dan tamu undangan lain.

Artikel ini telah dibaca 109 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

SD Muhammadiyah Lembah Jaya Aceh Tamiang Wisuda Tahfidh Kedua

4 Februari 2023 - 23:30 WIB

Putra Zulfirman Kembali Pimpin PWI Langsa

30 Januari 2023 - 20:32 WIB

Ketua PWI Langsa Putra Zulfirman.

Nasir Nurdin : PWI Langsa Role Model Organisasi

30 Januari 2023 - 12:37 WIB

Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin.

Polsek Langsa Timur Ciduk Pencuri Sepmor

29 Januari 2023 - 18:13 WIB

Seorang Pria di Langsa Ditemukan Tewas Gantung Diri

29 Januari 2023 - 17:52 WIB

Ilustrasi

KPH Wilayah IV Aceh Surati PT RM, Minta Hentikan Aktivitas di Kawasan Hutan Produksi

28 Januari 2023 - 03:28 WIB

Trending di Aceh