Menu

Mode Gelap
PWI Aceh Serahkan Bantuan Kepada Wartawan Korban Banjir Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Aceh · 16 Sep 2022 17:15 WIB ·

BI Dukung Pengembangan Ekonomi Hijau di Barat Selatan Aceh


 BI Dukung Pengembangan Ekonomi Hijau di Barat Selatan Aceh Perbesar

Wartanusa.id – Banda Aceh | Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Aceh mendukung pengembangan ekonomi hijau di wilayah barat selatan Provinsi Aceh.

Dukungan tersebut dengan melaksanakan Lokakarya dengan tema “Memperkuat Kemitraan untuk Pertumbuhan Ekonomi Hijau di Kabupaten Aceh Jaya dan Kawasan Barat Selatan Aceh (Barsela)” Kamis, 15 September 2022 bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh.

Lokakarya diawali dengan sambutan oleh Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si yang memaparkan pentingnya membangun koridor ekonomi hijau di kawasan Barsela. Kemudian dilanjutkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA. yang menyampaikan strategi memperkuat pembangunan sektor unggulan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Diharapkan ke depan ada desa-desa unggulan pariwisata dari Aceh.

Lokakarya menghadirkan beberapa narasumber, meliputi Bappenas, Bappeda Aceh, Dinas Lingkungan Hidup Aceh, Pj. Bupati Aceh Singkil, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh Achris Sarwani.

“Pembangunan yang baik adalah pembangunan yang berkelanjutan dan berorientasi pada prinsip People, Planet, dan Prosperity,” kata Achris. Bank Indonesia mendorong implementasi ekonomi hijau melalui kebijakan keuangan hijau, dimana BI mendorong bank bersama debitur bank untuk bertransformasi menuju ekonomi rendah karbon.

Achris juga menyampaikan bahwa perubahan iklim menjadi isu yang penting dan punya dampak terhadap perekonomian. Perubahan iklim dapat menyebabkan menurunnya tingkat produksi, serta menganggu pasokan pangan. Tingginya permintaan yang tidak diimbangi dengan ketersediaan pasokan bisa menyebabkan kenaikan tingkat harga atau disebut dengan inflasi.

Inflasi Aceh pada triwulan II 2022 adalah 5,99% (yoy). Sementara itu, inflasi di Kota Meulaboh 6,21% (yoy). Inflasi di Kawasan Barsela dapat dilihat dari kota inflasi Meulaboh. Hal ini menunjukkan bahwa pergerakan inflasi di Kawasan Barsela relatif lebih tinggi daripada rata-rata Provinsi Aceh. Posisi terakhir pada bulan Agustus 2022, inflasi Aceh berada di peringkat 8 nasional.

Untuk mendukung akselerasi pembangunan di Kawasan Barsela, perlu dirumuskan kebijakan dan program unggulan, baik yang bersifat quick win maupun longterm.

Pertama, perlu menyusun roadmap yang memuat rencana jangka pendek, menengah dan panjang dalam koridor Barsela, termasuk pengembangan ekonomi hijau.

Kedua, meningkatkan kolaborasi dan sinergi untuk menentukan integrasi kawasan ekonomi.

Ketiga, mewujudkan ekosistem investasi yang baik. Keempat, mempercepat hilirisasi industri untuk menambah nilai ekonomis daerah.

Selaras dengan BI, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Ir. Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc. menjelaskan bahwa pembangunan sudah semestinya harmoni dengan lingkungan.

Dengan mengangkat topik mengenai isu perubahan iklim dan FOLU (Forestry and Other Land Uses) Net Sink 2030, Ruandha menyampaikan bahwa efek gas rumah kaca membuat pemanasan global semakin memburuk. Cuaca ekstrim semakin sering terjadi, dengan siklus perubahan yang cepat. Perubahan iklim juga dapat menganggu proses produksi.

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

SD Muhammadiyah Lembah Jaya Aceh Tamiang Wisuda Tahfidh Kedua

4 Februari 2023 - 23:30 WIB

Putra Zulfirman Kembali Pimpin PWI Langsa

30 Januari 2023 - 20:32 WIB

Ketua PWI Langsa Putra Zulfirman.

Nasir Nurdin : PWI Langsa Role Model Organisasi

30 Januari 2023 - 12:37 WIB

Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin.

Polsek Langsa Timur Ciduk Pencuri Sepmor

29 Januari 2023 - 18:13 WIB

Seorang Pria di Langsa Ditemukan Tewas Gantung Diri

29 Januari 2023 - 17:52 WIB

Ilustrasi

KPH Wilayah IV Aceh Surati PT RM, Minta Hentikan Aktivitas di Kawasan Hutan Produksi

28 Januari 2023 - 03:28 WIB

Trending di Aceh