Menu

Mode Gelap
PWI Aceh Serahkan Bantuan Kepada Wartawan Korban Banjir Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Aceh · 18 Nov 2022 23:50 WIB ·

Bea Cukai Langsa Amankan Ratusan Dus Barang Ilegal, Pelaku Kabur


 Bea Cukai Langsa Amankan Ratusan Dus Barang Ilegal, Pelaku Kabur Perbesar

Wartanusa.id – Langsa | Sebanyak ratusan karton (Dus) barang ilegal berhasil diamankan tim gabungan Bea Cukai Langsa di perairan laut Kabupaten Aceh Tamiang. Sementara pelaku berhasil melarikan diri.

Operasi gabungan ini terdiri dari, Bea Cukai Langsa, Polres Aceh Tamiang, Polres Langsa, dan Satgas Badan Inteligent Strategis (BAIS) TNI Aceh Tamiang.

Kepala Kantor Bea Cukai Kuala Langsa, Sulaiman dalam konferensi pers, Jum’at (18/11/2022) mengatakan pengamanan dilakukan pada Kamis dinihari (17/11/2022) sekira pukul 01.45 WIB.

Saat itu, tim Bea Cukai Langsa memperoleh informasi dari masyarakat bahwa akan ada pemasukan barang impor ilegal menggunakan high speed craft (HSC) ke wilayah Air Masin, Kabupaten Aceh Tamiang.

Setelah memperoleh informasi, tim melakukan pendalaman dan analisa serta berkoordinasi dengan Polres Aceh Tamiang, Polres Langsa dan Satgas BAIS TNI Aceh Tamiang untuk mendindaklanjuti informasi tersebut.

Sekira pukul diatas, Tim berhasil melakukan penindakan terhadap 1 unit kapal jenis HSC, tanpa nama berbendera Thailand yang diduga mengangkut barang impor ilegal berupa tanaman hias dan barang ekspor ilegal berupa hewan yang sudah dikeringkan jenis Tokek tanpa dilengkapi dokumen Kepabeanan.

Pada saat yang bersamaan Tim Operasi Gabungan juga berhasil melakukan penindakan terhadap 1 unit truk yang memuat barang diduga eks impor ilegal berupa hewan jenis kambing dan barang impor lainnya dan juga terhadap barang ekspor ilegal berupa hewan yang sudah dikeringkan jenis Tokek tanpa dilengkapi dokumen Kepabeanan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap barang-barang di atas HSC kedapatan 53 karung tokek yang sudah dikeringkan, 2 koli tanaman hias, 6 karton produk kosmetik berbagai jenis dan merek, 1 ball berisi pakaian, dan terhadap barang-barang di atas truk kedapatan 108 karung tokek yang sudah dikeringkan, 20 ekor kambing, 1 koli berisi kura-kura, ular, kadal dan katak yang kemudian dilakukan penegahan dan penyegelan.

Diperkirakan total nilai barang lebih kurang Rp.4.000.000.000, sementara potensi kerugian negara masih dalam proses penelitian.

“Sedangkan, untuk pelaku tidak berhasil diamankan, karena lokasi penangkapan di jalur yang kecil, bekas urukan pantai,” ujar Sulaiman.

Lanjut Sulaiman, sempat terjadi aksi kejar, diperkirakan pelaku antara 10 sampai 15 orang dan tim yang melakukan pengejaran hanya 11 orang. Selanjutnya bantuan personel datang, setelah dilakukan koordinasi dengan Polres Langsa dan Polres Aceh Tamiang.

“Meski kami memiliki peralatan lengkap, pelaku tidak berhasil diamanakan, karena kami harus mengutamakan keselamatan petugas,” ungkapnya.

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PWI Langsa Bentuk Panitia Konferensi ke III

5 Desember 2022 - 16:25 WIB

Foto : Rapat pembentukan panitia Konferkot III PWI Langsa.

Cabor Bulutangkis Langsa Raih Dua Emas, Satu Perak dan Tiga Perunggu pada Kejurprov 2022

4 Desember 2022 - 14:47 WIB

TNI/Polri di Langsa Apel Siaga Jelang Peringatan Milad GAM

2 Desember 2022 - 17:29 WIB

Satu Rumah di Kuala Beukah Peureulak Ludes Terbakar

2 Desember 2022 - 10:18 WIB

Tiga Siswi SMKN 2 Langsa Raih Juara 1 Tingkat Nasional Anugerah Kihajar 2022

1 Desember 2022 - 20:43 WIB

Ayudhia Manajemen Gandeng Mahasiswa Bersihkan Kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Langsa

1 Desember 2022 - 14:59 WIB

Trending di Aceh