Sering Dibully Netizen Mukidi Mendadak Jadi Artis Terkenal!

Nama Mukidi akhir-akhir ini jadi perbincangan di media sosial, bahkan media elektronik pun sering mengulas nya.
Nama Mukidi akhir-akhir ini jadi perbincangan di media sosial, bahkan media elektronik pun sering mengulas nya.

Wartanusa.com – Media Sosial (medsos) kini kembali dihebohkan oleh suatu pemberitaan yang terus menerus tiada henti, bahkan dari kalangan rakyat biasa, artis hingga Istana Negara juga penasaran dengan yang satu ini. Bukan soal mencari Pokemon yang diperbincangkan seperti sebelumnya, melainkan sebuah nama MUKIDI.

Seperti yang dilansir situs bbc.com, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung pun sering membaca serta melihat “meme-meme” tentang Mukidi ini. “Aneka Cerita tentang ‘Mukidi’ sungguh menghibur dan bisa membuat tertawa sendirian, betapa sangat kaya humor penulis2nya #HidupMUKIDI”, cuit Anung di akun tweeternya @pramonoanung. Bahkan cuitan Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini telah di re-tweet lebih dari seratus kali oleh para followers nya.

Salah satu tweeter Pramono anung (sekretaris Kabinet) yang ikut mengomentari keberadaan Mukidi tersebut
Salah satu tweeter Pramono anung (sekretaris Kabinet) yang ikut mengomentari keberadaan Mukidi tersebut

Mukidi, benar sekali Mukidi adalah sebuah nama seseorang, tapi mengapa nama tersebut begitu fenomenalnya hingga dibuat berbagai “meme” serta diperbincangkan di berbagai media sosial. Siapakah seorang Mukidi itu, berasal dari manakah orang tersebut serta apa pekerjaan sehari-harinya. Pertanyaan-pertanyaan itu kerap muncul jika kita belum mengetahui sosok yang bernama Mukidi tersebut.

Baiklah untuk menjawab pertanyaan-pertanyan tersebut kita, flash-back ke belakang tepatnya di tahun 2000-an. Ada seorang pendatang yang lugu dan polos dari sebuah desa di Cilacap, Jawa Tengah  yang bernama Mukidi, ia berkelana ke Kota guna mencari pekerjaan. Ditemani dengan Istrinya Markonah, dua anak mereka Mukiran dan Mukirin serta ada pula sahabatnya yang bernama Wakijan. Seperti yang dikatakan sang kreator pencipta karakter Mukidi, Soetantyo Moechlas.

Soetantyo Moechlas, Pencipta karakter MUKIDI
Soetantyo Moechlas, Pencipta karakter MUKIDI

 “Jadi tokoh Mukidi itu sudah ada sekitar tahun 2.000-an. Itu awalnya saya terinspirasi dengan tokoh Mukidi dari acara di Radio Prambors Warkop DKI pada tahun 1976. Dahulu pemerannya Nanu Mulyono. Apa-apa Mukidi. Mukidi nama Jawa banget.  Nama Mukidi itu simple, cepat dihafal dan melekat,” ungkap Soetantyo kepada sindonews.com.

Karakter Mukidi yang polos sering menjadi "Bully-able" para Netizen.
Karakter Mukidi yang polos sering menjadi “Bully-able” para Netizen.

Menurut Soetantyo, cerita Mukidi ini dibuat sebagai pencair suasana kala itu. Karena pada saat itu banyak berita-berita yang memuat politik secara berkala, sehingga para pembaca merasa jenuh dan kadang stress menghampiri. Akhirnya terciptalah karakter Mukidi yang cerita nya tidak menyinggung tentang berita politik, namun lebih ke cerita sehari-hari.

Salah satu meme mukidi yang dibuat oleh salah satu penggemarnya di bandung.
Salah satu meme mukidi yang dibuat oleh salah satu penggemarnya di bandung.

Selain itu Soetantyo lalu mengembangkan beberapa karakter pelengkap di dalam ceritanya. Selain Wakijan, Markonah serta Mukirin dan Mukiran, ada lagi Sukilah (orang yang suka berkilah), Wakilah istri Wakijan, Mbah Marto Kapiran paman Mukidi, serta teman karib mbah Marto yaitu Mbah Karto Mengkono.

meme bertema Mukidi dimana-mana
meme bertema Mukidi dimana-mana

“Tokoh-tokoh pada cerita itu sangat berbau jawa banget. Dan itu tipikal orang Jawa semua. Mukidi juga orang Jawa. Tidak terlalu pintar dan tidak terlalu bodoh, tapi ya kadang-kadang nakal. Kadang-kadang cerdas, sangat manusiawi,” tutur Soetantyo, Seperti yang dilansir republika.co.id. Ia juga menambahkan sosok rekaannya bisa menjadi orang berbeda-beda, serta pekerjaan yang berbeda pula tergantung kebutuhan cerita. Jadi masyarakat bisa menerka-nerka sendiri seperti apa wajah mukidi maupun wajah pemeran karakter lainnya.

Mukidi di mana-mana
Mukidi di mana-mana

Berikut salah satu Cerita Mukidi yang bisa kita simak sejenak:

Seorang guru bingung melihat kelakuan anak muridnya yang bernama Mukidi, yang suka meludah ke telapak tangan setelah itu ludah tersebut  ia usapkan ke kepalanya pada saat pelajaran berlangsung…

Ibu guru: Di.. kamu ini kenapa, kok ludah kamu usapkan ke kepalamu..??

Mukidi: Biar pelajarannya masuk ke otak saya buu..!!

Ibu guru: emang bisa begitu..??

Mukidi: Bisaa buu.. soalnya tiap malam saya sering mendengar mamak saya ngomong ke Bapak, “Kepalanya diusapkan ludah dulu, biar gampang masuknya…”

Ibu guru: “ Gloodiiaakk!!..” (langsung jatuh lemas..kejang-kejang)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *