Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Jabar · 11 Mar 2018 17:54 WIB ·

MK Mengadakan Bimtek Penyelesaian Perkara Pilkada Bagi Advokat Se-Indonesia Tahun 2018


 MK Mengadakan Bimtek Penyelesaian Perkara Pilkada Bagi Advokat Se-Indonesia Tahun 2018 Perbesar

Bogor | WartaNusa – Mahkamah Kostitusi (MK) merupakan satu lembaga Negara pelaku kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Dalam hal ini MK membentuk sebuah Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, yang diharapkan dapat menjadi centre of excellent dalam Pengembangkan Demokrasi dan Hak Asasi Manusia berdasarkan Pancasila dan Konstitusi.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat, kususnya para advokat terhadap prosedur beracara dalam penyelesaian perkara perselisihan hasil pemilihan Pilkada, Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi MK mengadakan “Bimbingan Teknis Penyelesaian Perkara Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Serentak Tahun 2018 Bagi Advokat se-Indonesia Angkatan III” pada hari Senin s/d Kamis 5-8 Maret 2018 di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Cisarua Bogor.

Salah satu target Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstusi pada tahun 2018 adalah advokat. Sebanyak 170 peserta ikut dalam kegiatan Bimtek oleh MK yang terdiri dari enam organisasi advokat yaitu Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia; Perhimpunan Pengacara Konstitusi, Perdata dan Tata Usaha Negara (PERSIDATUN); Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI); Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI); Asosiasi Advokat Indonesia (AAI); dan Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN).

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai hukum acara Mahkamah Konstitusi sekaligus menjadi pemicu awal bagi advokat  untuk turut aktif dalam mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila, Konstitusi serta Hak Asasi Manusia.  Di hadiri oleh ketua umum Peradi Luhut M. Pangaribuan, SH., LLM ketua umun DPN APSI ketua Umum Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia dan Ketua Umum BPN Perhimpunan Pengacara Konstitusi, Perdata dan Tata Usaha Negara (PERSIDATUN) Ruswan Efendi AR., SH.

Ketua umum BPN PERSIDATUN Ruswan Efendi AR., SH di sela-sela acara mengatakan Saya Sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mahkamah Konstitusi yang telah memberikan kepercayaan, khususnya bagi anggota PERSIDATUN sebagai wadah khusus bagi para pengacara khusus yaitu terkait dengan Konstitusi”. Ucap kepada Wartanusa., Senen Kemaren 05/03/2018

Selain itu dengan pelaksanaan kegiatan ini akan menambah wawasan dan pengetahuan yang sangat baik dalam menjalankan profesi sebagai advokat khusus.

Ruswan Efendi juga mengatakan “saya Akan terus bekerja sama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas anggota PERSIDATUN dengan tujuan akan tercipta advokat khusus dalam bidang Konstitusi yang mempunyai kualifikasi yang baik”, begitu tambahnya.

Diharapkan dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran/ketaatan dan penyamaan persepsi terhadap pancasila dan konstitusi juga memberikan informasi sebagai aspek mengenai Mahkamah Konstitusi sebagai salah satu Kekuasaan Kehakiman menurut UU Tahun1945 Katanya., (*/Asep sai)

Artikel ini telah dibaca 110 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

500 Orang di Lingkungan DPRD Jabar Divaksin Tahap Pertama

18 Maret 2021 - 23:19 WIB

Sejak Berdiri, Semua Walikota Cimahi Ditangkap KPK, Sekda: Ini Catatan Bagi Kami

27 November 2020 - 21:46 WIB

KPK Tangkap Walikota Cimahi Serta Amankan Uang Senilai 425 Juta

27 November 2020 - 19:22 WIB

Diduga Terima Suap 8,5 M, KPK Tetapkan Anggota DPRD Jawa Barat Sebagai Tersangka

16 November 2020 - 22:29 WIB

AWDI: Hari Pers Nasional untuk Meningkatkan Nilai-nilai Spiritual Insan Pers

12 Februari 2020 - 00:49 WIB

Solusi Banjir Nagreg Adalah Tugas kita Bersama 

5 Februari 2020 - 10:53 WIB

Trending di Jabar