Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Islam · 27 Mei 2017 12:35 WIB ·

Ini Loh 5 Menu Buka Puasa Sunnah ala Baginda Rasulullah


 Ini Loh 5 Menu Buka Puasa Sunnah ala Baginda Rasulullah Perbesar

Wartanusa.id – Seringkali kita menjumpai banyak menu makanan dan kudapan yang disajikan saat berbuka puasa, namun sempat terbesitkah di hati dan fikiran pembaca sekalian mengenai apa menu buka puasa ala Nabi kita tercinta, Nabi Muhammad Shalallahuwaalaihiwassalam? Menu apa saja yang menghiasi meja makan Rasullullah di saat berbuka? Lalu sebenarnya adab berbuka puasa yang benar menurut Rasul itu seperti apa? Nah dibawah ini ada beberapa menu buka puasa yang bisa dicontoh oleh kita umat-Nya tentunya juga menyimpan banyak fadhilah dan manfaat

1. Kurma

Menu Buka Puasa Kurma
Credit: cookdiary.net

Buah kurma sudah menjadi menu buka puasa langganan di bulan Ramadhan, apalagi di kala waktu berbuka. Bukan hanya karena kurma ini memiliki rasa yang manis, namun ternyata kurma ini memiliki kandungan fruktosa dan beberapa vitamin seperti Vitamin A, B, dan B12, selain itu kaya akan zat penting lainnya seperti kalsium, fosfor, potasium, dan zat penting lain yang berguna bagi tubuh. Memakan kurma sudah dianjurkan rasulullah sejak lama dan tertuang dalam hadits.

“Dari Salman ibn ‘Aamir, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada, maka dengan air karena air itu bersih dan suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)”

Subhanallah…..

2. Yaqhtin (Labu Air)

credit: zulfikrihussin.blogspot.com

Dalil mengenai menyajikan Yaqhtin sebagai menu buka puasa memang di dalam riwayat ataupun hadits tidak ada yang menyebutkan, namun apabila merujuk ke salah satu hadits rasulullah lainnya, memakan buah Yaqthin atau labu air ini sangat bermanfaat terlebih jika dimakan di bulan Puasa.

“Dari Aisyah r.a, sesungguhnya Rasulullah berkata, ” Jika kamu memasak sayur , maka perbanyaklah di dalamnya labu air, karena labu air menguatkan hati orang yang susah

Di dalam suatu riwayat juga menagatakan pernah rasulullah diundang oleh seorang penjahit untuk makan makanan yang dibuatnya, lalu kemudian Rasulullah mencari potongan labu di sela sela potongan roti yang dihidangkan.

Luar biasanya lagi khasiat labu air ini bisa mengatasi tekanan darah tinggi, diabetes, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Subhanallah..

3. Sana Al Makki dan Sanut

Credit: ilmualhikam.blogspot.com

Diambil dari buku panduan diet ala Rasulullah, di dalam buku tersebut di tuliskan bahwa pada malam hari, Rasulullah biasa menyantap sayur-sayuran. Beberapa riwayat menyatakan Rasulullah selalu mengonsumsi sana al makki dan sanut. Mungkin istilah ini awam bagi kita yang tinggal di luar arab, namun menurut Prof. Dr. Musthofa intinya sana al makki dan sanut itu adalah sayur sayuran. Sedangkan dalam kamus Al Munjid, Sana al makki dan sanut berarti jenis tumbuh tumbuhan, bisa bermakana lalapan, Sanut bisa juga bermakna keju dan madu.

4. Tsarid

Credit: pondokquranpeduli.org

Tsarid adalah roti yang dipatah patahkan lalu dicampur dengan kaldu daging dan terkadang bersamaan dengan dagingnya juga. Tsarid adalah makanan yang paling digemari oleh orang Arab, bahkan Rasulullah pun pernah bersabda

Keutamaan Aisyah di atas wanita wanita lainnya adalah seperti keutamaan tsarid di atas berbagai jenis makanan lainnya” (HR. Bukhari)

Keutamaan tsarid adalah karena ia mudah ditelan, gampang dimakan, dan kala itu menjadi makanan populer bangsa Arab. Mungkin saat ini kita mengenalnya dengan sebutan bubur.

5. Susu

Credit: cnnindonesia.com

Susu memilik fadhilah. Rasulullah pernah besabda

Tiga hal yang tidak boleh ditolak jika diberi; bantal, minyak wangi, dan susu” (HR. Tirmidzi)

Dihidangkan kepada Nabi pada malam ketika beliau di-isra’-kan, di Iliyya, dua gelas terdiri dari khamr dan susu. Beliau memandang keduanya lalu mengambil susu. Maka Jibril berkata kepada beliau, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkanmu kepada fitrah. Seandainya engkau mengambil khamr, niscaya umatmu akan tersesat” (HR. Bukhari 5202, Muslim 3758)

Subhanallah..

Nah sekarang sudah tahu kan menu yang baik di makan ketika buka puasa. Jadi ada baiknya mari kita contoh apa yang telah dianjurkan oleh Rasulullah demi kebaikan kita bersama, Insha Allah..

Sumber

Artikel ini telah dibaca 315 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

SMA Muhammadiyah Langsa Wisuda 89 Hafiz

18 April 2024 - 16:44 WIB

Kota Langsa Takbir Idul Fitri 1445 Hijriyah

10 April 2024 - 02:38 WIB

Pj Wali Kota Syaridin melepas peserta pawai.

Gampong Sukajadi Kebun Ireng Langsa Sambut Tahun Baru 2024 dengan Tausiyah

31 Desember 2023 - 20:22 WIB

PCNU Langsa Gelar Pengkaderan Angkatan Pertama di IAIN

26 Desember 2023 - 08:44 WIB

Juara 3, Pemko Langsa Beri Bonus Kafilah MTQ Sebesar Rp 108 Juta

15 Desember 2023 - 20:05 WIB

Juara III, Kepulangan Kafilah MTQ Kota Langsa Disambut di Pendopo

5 Desember 2023 - 20:45 WIB

Trending di Aceh