Manchester City is Back!

Pep Guardiola Berhasil Membawa The Citizen ke Puncak klasmen sementara Liga Primer Inggris dengan torehan sempurna 9 poin! (3 kali kemenangan)
Pep Guardiola Berhasil Membawa The Citizen ke Puncak klasmen sementara Liga Primer Inggris dengan torehan sempurna 9 poin! (3 kali kemenangan)

Wartanusa.com – Perebutan tahta klasmen liga Primer Inggris (EPL) semakin hangat, setelah Chelsea sempat merebutnya kemarin Sabtu (27/8/2016), kini direbut kembali oleh Manchester City. Posisi ini didapat setelah dalam laga kemarin Minggu (28/8/2016), pasukan Pep Guardiola berhasil membenamkan WestHam United dengan skor 3-1 di Etihad Stadium. Dengan hasil yang didapat The Citizen, berarti ada tiga klub yang dapat meraih hasil sempurna di tiga laga (selalu menang), yaitu: Manchester City, Chelsea dan Manchester United.

Tampil di hadapan lebih dari 50 ribu penonton yang memadati Etihad Stadium, membuat mental para punggawa Manchester City semakin membara. Sejak kick-off awal dibunyikan, anak-anak asuh Pep Guardiola langsung melancarkan serangan bertubi-tubi ke jantung pertahanan WestHam yang di galang trio defender, Angelo Obinze Ogbonna, James Collins dan Winston Reid. Situs Livescore.com mencatat ada 17 tendangan yang dilakukan kubu Manchester City selama 2×45 menit, diantaranya yaitu 5 tepat sasaran dan 12 tanpa menemui sasaran.

David Silva (tengah), kreator serangan Manchester city dalam laga kontra WestHam Minggu (28/8/2016) lalu.
David Silva (tengah), kreator serangan Manchester city dalam laga kontra WestHam Minggu (28/8/2016) lalu.

Tercatat berbagai peluang yang didapat oleh Manchester City di lima menit awal jalannya pertandingan, yaitu pada menit ke-dua The Citizen hampir saja membobol gawang The Hammers yang dijaga Adrian setelah sundulan Nicolas Otamendi yang memanfaatkan umpan crossing David Silva hampir menemui sasaran. Dua menit kemudian, tepatnya di menit ke-4, percobaan tendangan keras Sergio Aguero hanya menghasilkan tendangan gawang. Di menit ke- 5, David Silva mencoba melakukan penetrasi lalu melakukan shooting ke arah gawang juga sama tidak tepat sasaran. Manchester City unggul ball possession 71% berbanding 29% untuk WestHam.

Akhirnya setelah berkali-kali mencoba, gol yang ditunggu datang di menit ke-7. Adalah Raheem Sterling yang berhasil mencatat nama nya di papan skor untuk membuat kedudukan 1-0 bagi tim tuan rumah,The Citizen. Gol dari Sterling ini hasil kerjasama antara David Silva yang melakukan overlap ke jantung pertahanan WestHam kemudian memberi umpan trough pass ke arah Nolito, kemudian Nolito yang mendapatkan bola dari Silva langsung masuk ke kotak pinalti lalu mengirim passing yang kebetulan bola mengarah menuju Sterling, setelah sebelumnya sempat mengenai pemain belakang WestHam.

Tertinggal 1 gol membuat para pemain WestHam tersentak, satu menit setelah gol Sterling mereka mengancam gawang City yang dikawal Willy Caballero melalui sepakan Ener Valencia. Namun tendangan Valencia masih bisa di blok oleh Caballero. Di menit 11’ WestHam memperoleh peluang emas, kali ini oleh sepakan Ashley Fletcher. Namun lagi-lagi kurang tenangnya penyelesaiaan akhir membuat gawang City masih aman.

Kemudian City mulai mengambil alih permainan kembali, mereka mulai menata serangan. Laporan dari Livescore.com mencatat Ball Possesion masih dikuasai Pasukan Pep Guardiola 70% berbanding 30% . Memasuki menit ke-18, berawal dari sebuah tendangan bebas oleh Kevin de Bruyne langsung mengarah ke kotak pinalti. Fernandinho yang berdiri tanpa pengawalan ketat langsung menyundul bola ke gawang WestHam, skor pun berubah 2-0 untuk Manchester City. Setelah itu serangan silih berganti dilancarkan ke-dua kesebelasan, namun hingga wasit meniup peluit babak pertama usai tidak ada gol yang tercipta dan skor masih tetap 2-0 untuk keunggulan The Citizen.

Fernandinho (kiri) setelah menaklukan Adrian (orange) merubah skor 2-0 untuk City.
Fernandinho (kiri) setelah menaklukan Adrian (orange) merubah skor 2-0 untuk City.

Memasuki babak ke-dua, Pelatih WestHam, Slaven Bilic mengganti pemain tengah mereka Gokhan Tore dengan Sam Byram. Ternyata pergantian ini cukup efektif karena menghidupkan kembali aliran bola dari lini tengah ke lini depan, yang selama ini lini tengah menjadi titik lemah di awal babak pertama tadi. Dengan masuknya Sam Byram serta pergantian strategi, mengakibatkan lini belakang Manchester City sedikit panik. Akhirnya di menit 58’ Michail Antonio berhasil memperkecil keadaan menjadi 2-1. Gol ini tercipta berkat Arthur Masuaku yang merangsek dari tengah ke kotak pinalti dan berhasil mengirim umpan ke arah Antonio. Kemudian dengan heading yang terukur Antonio berhasil menaklukan Caballero.

Gol Sundulan Michail Antonio (ke-empat dari kanan) di menit ke-58 guna memperkecil ketiggalan menjadi 2-1.
Gol Sundulan Michail Antonio (ke-empat dari kanan) di menit ke-58 guna memperkecil ketiggalan menjadi 2-1.

Memasuki akhir pertandingan, tepatnya di menit-menit akhir injury time, Raheem Sterling berhasil mencetak gol nya yang ke-dua sekaligus mengunci kemenangan The Citizen atas The Hammers. Kedudukan berubah menjadi 3-1. Skor tetap bertahan hingga wasit Andre Marriner meniup peluit berakhir.

Aksi Raheem Sterling menaklukan Kiper Adrian, untuk mencetak gol nya yang ke-dua. Sekaligus membawa Manchester City unggul 3-1 atas WestHam. (28/9/2016)
Aksi Raheem Sterling menaklukan Kiper Adrian, untuk mencetak gol nya yang ke-dua. Sekaligus membawa Manchester City unggul 3-1 atas WestHam. (28/9/2016)

Dengan hasil ini Manchester City berhasil merebut klasmen sementara Liga Primer Inggris dengan torehan 9 poin, hasil dari tiga kali kemenangan.

KLASMEN SEMENTARA LIGA PRIMER INGGRIS (5 Besar):

No

Team

Main Menang Kalah Seri Gol Poin

1

Manchester City

3

3

+6

9

2

Chelsea

3

3

+5

9

3

Manchester United

3

3

+5

9

4

Everton

3

2

1

+2

7

5

Hull City

3

2

1

+2

6

Susunan Pemain:

MANCHESTER CITY: Willy Caballero (gk), Pablo Zabaleta, John Stones (Aleksandar Kolarov 59’), Nicolas Otamendi, Gael Clichy, Kevin de Bruyne, Fernandinho, David Silva, Raheem Sterling, Sergio Aguero (Fernando 88’), Nolito (Samir Nasri 75’). (Pelatih: Joseph Guardiola)

WESTHAM UNITED: Adrian (gk), Angelo Obinze Ogbonna, James Collins, Winston Reid (Jonathan Calleri 78’), Arthur Masuaku, Cheikhou Kouyate, Mark Noble, Gokhan Tore (Sam Byram 46’), Michail Antonio, Enner Valencia (Manuel Lanzini 60’), Ashley Fletcher. (Pelatih: Slaven Bilic)

STATISTIK:

Shots on Target

Man.City: 5

WestHam: 2

Shots off Target

Man. City: 12

WestHAm: 3

Possession (%)

Man.City: 67

WestHam: 33

Corners

Man.City: 5

WestHam: 4

Offsides

Man.City: 4

WestHam: 3

Fouls

Man.City: 5

WestHam: 10

Yellow Cards

Man.City: 1

WestHam: 3

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *