inilah warna warni yang tak banyak diketahui penggunanya

Inilah Warna-Warni Sinyal WiFi yang Tak Banyak Diketahui Penggunanya

inilah warna warni yang tak banyak diketahui penggunanya

Wartanusa.com – Hidup di zaman serba canggih seperti sekarang ini, tentu tak membuat telinga kita asing mendengar kata WiFi. Apalagi bagi sebagian orang Indonesia dengan tingkat mobilitas yang tinggi, membuat kebanyakan dari kita merasa sangat bergantung dengan adanya fasilitas hot spot dimanapun tempat kita berada.

Sebelumnya, apa itu WiFi ?

WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal Nirkabel (Wireless Local Area – Nirkabel) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11 standar terbaru dari versi sebelumnya yakni 802. 11a atau b. Spesifikasi ini menawarkan banyak kelebihan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

WiFi juga dapat diartikan koneksi tanpa kabel seperti handphone yang memanfaatkan teknologi radio sehingga penggunanya dengan mudah dapat mentransfer data. Dewasa ini WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet semata. Banyak perusahaan-perusahaan baik itu skala kecil maupun besar menggunakan WiFi untuk membuat sebuah jaringan tanpa kabel. Sehingga mereka akan semakin mudah untuk bertukar atau mengirim data dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa menggunakan kabel sekalipun.

Namun siapa sangka sinyal WiFi yang selama ini begitu dekat dengan kita ternyata menyimpan keindahan tersendiri akan warnanya.

 

Wujud sinyal WiFi dengan bantuan Kilian Device
Wujud sinyal WiFi dengan bantuan Kilian Device

k pertama kali ditemukan, wujud asli dari sinyal WiFi memang tidak bisa dilihat oleh mata kita. Kita hanya bisa melihat bentuk hardware yang memancarkan sinyal WiFi saja. Sejak saat itu pula bentuk sinyal WiFi menjadi misteri bagi setiap orang di seluruh dunia.

Sampai pada akhirnya sekumpulan ilmuwan yang berasal dari universitas Newcastle Inggris berhasil menemukan cara untuk menampilkan wujud asli sinyal WiFi. Kelompok penelitian yg dikepalai oleh Luis Hernan ini berhasil menangkap wujud sinyal WiFi dengan menggunakan Softwere yang bernama Kilian Device Mobile.

Dengan bantuan Kilian mereka berhasil mencitrakan sinyal WiFi kedalam bentuk cahaya lidi warna warni yang kemudian ditangkap dengan kamera dengan tekhnik Long Eksposure. Hasil jepretan itu mereka dokumentasikan kedalam sebuah proyek digital. Lewat hasil foto tersebut kita dapat melihat perbandingan kekuatan sinyal WiFi dari warna yang dihasilkan. Merah menandakan saat sinyal WiFi sedang kuat, sedangkan warna biru pertanda bahwa sinyal WiFi lemah.

Kini setiap orang sudah bisa melihat wujud asli dari sinyal WiFi. Apakah salah satu dari anda tertarik untuk melihat wujud asli WiFi ?

Sayangnya sejauh ini softwere yang bernama Kilian Device Mobile baru bisa dinikmati para pengguna android saja.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *