Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Tekno · 11 Sep 2017 15:08 WIB ·

Hebat, Inilah Data Center Terbesar dan Tercanggih, Data Center Indonesia Tak Kalah


 Hebat, Inilah Data Center Terbesar dan Tercanggih, Data Center Indonesia Tak Kalah Perbesar

Wartanusa.id – Dalam dunia teknologi, ada sebuah istilah yang penting dan patut diketahui oleh semua pengguna teknologi. Data center atau pusat data adalah sebuah ruangan yang didesain secara khusus sebagai tempat untuk menyimpan server komputer serta perangkat jaringan. Dalam penggunaannya, data center ini harus terhubung ke jaringan internet. Untuk membuat sebuah ruangan atau fasilitas pusat data, tentu ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar data yang disimpan di dalam server tetap aman. Beberapa kriteria atau persyaratan itu antara lain adalah persyaratan lokasi. Lokasi penempatan data center itu harus aman dari segala bentuk gangguan seperti bencana alam dan gangguan lainnya. Karena itulah beberapa data center Indonesia dibangun di wilayah yang aman dari bencana seperti di Bogor dan Jakarta.

Meskipun Indonesia juga memiliki data center Indonesia sendiri, namun data center ini tidaklah sebesar dan secanggih beberapa data center dunia. Di dunia ada pusat data yang tercatat sebagai pusat data atau data center terbesar dan tercanggih. Pusat data dengan konsentrasi terbesar ada di kota London Inggris. Dibandingkan dengan beberapa kota di dunia, konsentrasi pusat data di kota London masih lebih besar dibandingkan data center di kota California, Amerika Serikat dengan jumlah sekitar 337 pusat data. Sedangkan dari segi fisik, data center terbesar terletak di kota Langfang China dengan ukuran 6,3 juta kaki persegi.

Di sisi lain, dilihat dari tingkat kecanggihan, pusat data yang diklaim sebagai pusat data tercanggih di dunia berada di kota Stockholm, Swedia. Bukan tanpa alasan gelar ini diberikan. Sebab, dalam pembuatannya, setiap komponen pembuat ruang data center ini dibuat dengan bahan kualitas terbaik. Selain itu juga adanya teknologi keamanan super yang canggih dengan desain yang tahan bom. Tidak cukup sampai disitu saja, setiap ruangannya didesain dengan tema berbeda, mulai dari ruang angkasa, hutan belantara plus kabut buatan hingga dekorasi ruangan dengan air terjun buatan. Data center Indonesia memang masih belum sebesar dan secanggih data center tersebut, namun untuk kualitas penyimpanan, pusat data yang ada di Indonesia juga tak kalah dengan pusat data di atas.

Artikel ini telah dibaca 321 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

5 Rekomendasi Laptop Asus Kualitas Baik dan Menjadi Favorite Item di Tahun 2021

14 Agustus 2021 - 07:23 WIB

Rekomendasi Laptop Asus Kualitas Baik

Pentingnya Menggunakan Paket Kuota Keluarga

17 Mei 2021 - 05:50 WIB

kuota keluarga xl

Review dan Spesifikasi Rog Phone

22 Desember 2020 - 04:45 WIB

Rekomendasi Aplikasi Streaming Film Terbaik

30 Agustus 2020 - 21:47 WIB

Layanan TELEPATI dari BPN Bener Meriah

7 Juni 2020 - 02:35 WIB

Kelebihan Jika Menggunakan Kartu Three

29 April 2020 - 20:01 WIB

Trending di Lifestyle