Enam Truk Raksasa Ini Bakal Melintas di Jalur Gresik Lamongan Bojonegoro

Enam Truk Raksasa Ini Bakal Melintas di Jalur Gresik Lamongan Bojonegoro

Gresik, Wartanusa.id – Nampak truk trailer yang nantinya bakal melintas menuju lapangan gas Jambaran Tiung Biru di Kabupaten Bojonegoro, Selasa (26/11/2019).

Para pengguna jalan di jalur Gresik, Lamongan dan Bojonegoro, nampaknya perlu mengetahui bakal ada enam truk raksasa yang ‘konvoi’ menuju Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru (JTB) di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, pada Kamis pekan depan (28/11/2019).

Truk trailer itu sengaja didatangkan untuk mengangkut plat baja berukuran super besar. Yaitu dengan diameter 4,5 meter, memiliki ketebalan besi hingga 5 cm, dan panjangnya sampai 16 meter.

“Nanti akan diangkut dari Pelabuhan Gresik menuju Bojonegoro mulai tanggal 28 November 2019,” ujar Zainal Arifin, Site Manager PT Rekind selaku Kontraktor di Lapangan Gas JTB.

Perjalanan enam truk yang menempuh jarak 139 kilometer, dengan kecepatan 10 kilometer perjam akan membutuhkan waktu hingga 24 hari.

Untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas (lalin), truk yang masing-masing memiliki 18 roda tersebut mulai dijalankan pada pukul 22.00 Wib dan berhenti pukul 04.00 Wib. “Truk nanti akan dikawal oleh Polda Jatim dan PLN. Kami juga telah berkoordinasi dengan Polres dan Dishub Bojonegoro,” terangnya.

Selain itu, pihak kontraktor juga sudah mengantisipasi terkait beban berat muatan yang mencapai 450 ton.
Maka, di beberapa titik jembatan akan ditambah dengan kekuatan cor penyangga di bawahnya.
Antara lain di Jembatan Semar Mendem Trojalu Baureno, Jembatan Besuki Kulon di Kedung Bondo Balen, Jembatan Pacal Kabunan Balen, Jembatan Jetak dan Jembatan Kalitidu di Desa Brenggolo.

Zainal Arifin menambahkan, kekhawatiran lainnya adalah pohon tumbang dan daun yang berjatuhan di jalan. Karena di sepanjang jalan, terutama di sekeliling jalan umum mulai Kecamatan Baureno sampai lokasi banyak tumbuh pohon besar.

“Walaupun dari kami sudah merencanakan sesuatu yang tidak diinginkan, tapi truk-truk tersebut juga harus tetap hati-hati agar jalan nasional, jembatan dan pepohonan tidak rusak,” tandasnya.

Kontributor ; Hari Riswanto

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0