Citilink Maskapai Nasional Pertama Yang Menggunakan Airbus A320neo

citilink

Wartanusa.com – Kabar gembira datang dari penerbangan nasional, karena sebentar lagi maskapai Citilink akan menggunakan pesawat baru yaitu Airbus A320neo (New Engine Options). Seperti yang diungkapkan Direktur Utama Citilink Indonesia, Albert Burhan.

“Armada pesawat Airbus A320neo kami akan tiba mulai Januari 2017 mendatang. Dengan ditambahkannya Airbus A320neo ke dalam jajaran armada pesawat Citilink, Citilink akan menjadi maskapai pertama di Indonesia yang memiliki pesawat seri ini,” kata Burhan pada awak media di Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Dengan dioperasikannya Airbus A320neo ini pada bulan Januari 2017, berarti akan menambah jumlah armada yang dipunyai Citilink. Menurut situs resmi mereka, Citilink.co.id saat ini maskapai yang telah 4 kali berturut-turut mendapatkan predikat Maskapai Berbiaya Murah  atau Low Cost Carrier (LCC) ini mempunyai 38 armada pesawat jenis Airbus A320.

Penampakan A320neo yang serupa dengan A320 Sharklets. yang membedakan hanya mesin nya saja (New Engine Options).
Penampakan A320neo yang serupa dengan A320 Sharklets. yang membedakan hanya mesin nya saja (New Engine Options).

Seperti kita ketahui, Airbus A320neo adalah keluarga dari Airbus A320. Penggunaan pesawat Airbus jenis A320, cocok sekali untuk medan-medan di daerah Indonesia, khususnya wilayah Indonesia bagian timur. Serta ditunjang dari segi penggunaan bahan bakar, untuk tipe A320neo ini bisa dibilang menghemat sampai 20% bahan bakar.

“Penghematan bahan bakar ini membuat Airbus A320neo memiliki jarak tempuh yang lebih panjang dan daya angkut yang lebih besar dibandingkan versi sebelumnya, membuatnya cocok menerbangi langit di Timur Indonesia yang jaraknya cukup jauh dari kota-kota penerbangan utama Citilink yang berada di Jawa dan Sumatera,” ungkap Burhan, pada jumpa pers, Jumat (9/9/2016).

Bermesin seri PW1100G, rendah emisi, hemat bahan bakar, mampu mengurangi kebisingan serta ramah lingkungan.
Bermesin seri PW1100G, rendah emisi, hemat bahan bakar, mampu mengurangi kebisingan serta ramah lingkungan.

Menurut situs resmi Airbus, mengatakan bahwa keunggulan-keunggulan A320neo antara lain:

  1. Pesawat bermesin seri PW1100G (Pratt&Whitney) memiliki tingkat kebisingan yang sangat rendah. Bahkan diklaim lebih rendah hingga 50% tingkat kebisingan dari 75% tingkat kebisingan standard saat ini. Jadi untuk para penumpang, merasa lebih nyaman. Karena pesawat akan terasa sunyi dan tenang.
  2. Mesin PW1100G juga lebih hemat bahan bakar serta rendah emisi karbon nya.
  3. Kecepatan lebih cepat dari A320 yaitu penambahan sekitar 4%.
  4. Semua sayap menggunakan sharklet (untuk sistem aerodinamis, agar pesawat relatif stabil jika berada di udara)
  5. Untuk kapasitas tempat duduk penumpang (seats) dikarenakan yang berubah hanya bagian mesin saja (NEO = New Engine Options) maka seats tetap sama dengan seri A320 yaitu maksimal 180 seats.

Seperti yang dilansir antaranews.com, anak perusahaan dari maskapai Garuda Indonesia ini dikabarkan sudah memesan 10 armada Airbus A320neo secara bertahap hingga tahun 2018 mendatang.

A320neo (semua sayap sharklets).
A320neo (semua sayap sharklets).

“Citilink Indonesia akan mendatangkan total 10 unit pesawat Airbus A320neo hingga 2018,” kata Albert Burhan selaku Direktur Utama Citilink Indonesia.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *