Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Islam · 17 Sep 2017 22:28 WIB ·

Begini Mudahnya Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Dr. Yasir Qadhi


 Begini Mudahnya Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Dr. Yasir Qadhi Perbesar

Sebagai seorang muslim tentunya anda paham mengenai manfaat membaca Al-Qur’an. Bukan saja untuk mendapatkan pahala yang besar, tetapi juga membuat diri menjadi lebih dekat dengan sang Khalik.

Dewasa ini banyak sekali orang yang memiliki keinginan untuk bisa menghafal Al-Qur’an. Menghafal ayat suci memang bukan perkara mudah, banyak rintangan yang harus dihadapi. Meski begitu anda jangan khawatir karena banyak sekali metode yang dapat memperlancar proses penghafalan.  Salah satunya adalah metode yang diberikan oleh Dr. Yasir Qadhi, penceramah sekaligus pendiri Al Maghrib Institute.

Dr. Yasir Qadhi membagikan 13 langkah praktis yang akan membantu anda dalam menghafal  Al-Quran. Apa saja? Ini dia!

1.NiatTulus

Niat merupakan hal paling mendasar sebelum anda menghafal ayat suci Al-Qur’an. Jika niat anda baik maka akan menjadi baik. Tuluslah dalam menghafal ayat suci demi mencari ridho-Nya sehingga anda akan dimudahkan dalam mempelajarinya serta mendapatkan ganjaran yang baik di akhirat nantinya. Jauhkan niat buruk seperti hanya ingin terlihat keren, hebat atau pamer di depan orang lain.

2.Konsisten

Semakin sering anda menghafal maka semakin mudah. Mulanya, anda akan terasa berat, tetapi seiring waktu akan menjadi terbiasa. Konsistensi sangat diperlukan sebab masa awal adalah waktu yang rentan. Anda bisa saja sangat bersemangat, tetapi kemudian berubah menjadi malas lantaran merasa sulit dalam menghafal. Jadi, sangat penting untuk tidak melewatkan sehari pun tanpa menghafal minimal 3 baris ayat.

3.Waktu

Hafalkan Al-Qur’an di waktu pagi, sebelum sarapan sebab waktu terbaik untuk menghafal adalah tepat setelah waktu fajar. Pada awal menghafal luangkan waktu sekitar satu jam baru. Jika hafalan anda sudah baik maka cukup menghabiskan waktu antara  15 hingga 20 meni tsaja.

4.Suasana

Menghafal Al-Qur’an membutuhkan ketekunan dan suasana yang mendukung. Bila di sekitar anda bising maka carilah tempat yang tenang.

5.Rutin

Jangan lupa untuk selalu menggunakan Mushaf di tempat dan waktu yang sama setiap harinya secara rutin agar memudahkan hafalan.

6.Dengarkan Al-Qur’an

Sebelum mulai menghafal, alangkah baiknya bila anda mendengarkan lantunan ayat suci lebih dulu sembari ikut membacanya. Dengan mendengar apa yang akan anda pelajari maka menghafal semakin mudah.

7.Baca Artinya

Hafalkan beserta dengan membaca artinya agar lebih menyerap kedalam kalbu dan mengerti makna dari suatu surat.

8.Pengulangan

Jangan patah semangat jika hafalan anda belum mencapai target, terus lakukan pengulangan. Ulangi, ulangi, ulangi berulang-ulang.

9.Bantuan Orang Terdekat

Setiap kali selesai menghafal maka minta orang terdekat untuk mendengarkan dan mengoreksi bacaan anda. Akan lebih bagus bila orang tersebut juga mempelajari Al-Qur’an agar lebih memacu semangat dalam menghafal.

10.Ulangi Bacaan dalam Shalat

Setiap kali Anda shalat, ulangi hafalan. Bila ada kesalahan, seperti lupa pada satu atau dua bagian selepas shalat bukalah Mushaf untuk memperbaiki hafalan anda.

11.Revisi

Jika anda memiliki hafalan baru maka revisi ayat sebelumnya. Minimal  4 sampai 5 halaman. Ini adalah pemanasan terbaik agar ayat baru tidak mengaburkan hafalan ayat sebelumnya.

12.Jangan Tambah Bacaan

Bila hafalan belum benar-benar kuat, terus lakukan pengulangan. Menambah bacaan baru hanya akan menyulitkan anda nantinya. Konsisten saja dengan ayat-ayat yang belum hafal. Jangan melompati bagian yang sulit dalam juz dan meloncat kebagian yang dirasa mudah.Dengan beg–itu, anda akan puas telah menyelesaikan satu juz utuh dari pada melompati beberapa bagian di sana-sini.

13.Bagi Al Qur’an menjadi 3 bagian

Mulailah menghafal  Al-Qur’an dari belakang. Surat yang lebih pendek akan memotivasi anda untuk terus bersemangat menghafal hingga menyelesaikan 1 juz dan begitu seterusnya.  Jadi, bagilah hafalan dalam 3 bagian. Pertama, juz 28, 29, dan 30 atau hanya juz 29 dan 30.Kemudian, Surat Al Khafi sampai juz 28 dan Surah Al Baqarah sampai surat Al Kahfi.

Itulah beberapa tips praktis yang akan mempermudah anda dalam menghafalkan Al-Qur’an. Tidak ada kata terlambat untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Mulailah menghafal ayat demi ayat. Selalu jaga niat dan motivasi anda.

Artikel ini telah dibaca 320 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kota Langsa Takbir Idul Fitri 1445 Hijriyah

10 April 2024 - 02:38 WIB

Pj Wali Kota Syaridin melepas peserta pawai.

Gampong Sukajadi Kebun Ireng Langsa Sambut Tahun Baru 2024 dengan Tausiyah

31 Desember 2023 - 20:22 WIB

PCNU Langsa Gelar Pengkaderan Angkatan Pertama di IAIN

26 Desember 2023 - 08:44 WIB

Juara 3, Pemko Langsa Beri Bonus Kafilah MTQ Sebesar Rp 108 Juta

15 Desember 2023 - 20:05 WIB

Juara III, Kepulangan Kafilah MTQ Kota Langsa Disambut di Pendopo

5 Desember 2023 - 20:45 WIB

Kafilah MTQ Kota Langsa Bertolak ke Bumi Ate Fulawan

23 November 2023 - 23:23 WIB

Trending di Aceh