Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Kesehatan · 22 Jul 2021 09:01 WIB ·

9 Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Yang Sehat Dan Kuat


 9 Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Yang Sehat Dan Kuat Perbesar

Seperti yang diketahui bahwa sistem imunitas yang kuat mampu melindungi tubuh dari virus dan penyakit, sementara sistem imunitas yang lemah bisa membuat kamu rentan terserang pilek atau bahkan lebih parah.

Secara sederhana, imunitas bisa didefinisikan sebagai kemampuan tubuh untuk melawan racun, terhindar dari sakit, serta zat atau mikroorganisme berbahaya lain penggunaan sel darah putih atau antibodi tertentu. Imunitas bisa dianggap sebagai sistem pelindung, itulah cara tubuh melindungi dirinya. Jika bukan karena sistem imun, maka berbagai jenis bakteri, virus, atau bahkan jamur dapat menyerang atau menginfeksi tubuh dengan sesuka hati. Hal tersebut tidak akan terjadi berkat adanya imunitas.

Fungsi utama sistem imun adalah untuk melindungi diri dari mikroorganisme berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi. Namun, tidak hanya mencegah ketika sakit saja, namun sistem imun-lah yang merupakan pertahanan pertama tubuh. Sistem imun tubuh akan melawan infeksi dan berperan penting untuk menghambat kerusakan dalam tubuh. Sistem imun yang sehat akan dapat melawan sebagian jenis infeksi. Sementara, sistem imun yang lemah berarti penyakit bisa bertahan lebih lama, dan bahkan gejalanya bisa lebih parah.

Cara terbaik untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah menerapkan gaya hidup yang sehat. Berikut dibawah ini 9 cara meningkatkan sistem imun tubuh yang sehat dan kuat yang bisa diterapkan sehari – hari :

1. Mengonsumsi Makanan Secara Seimbang

Konsumsilah makanan secara seimbang, termasuk buah dan sayuran segar dalam jumlah banyak. Pola makan sehat dapat memberikan berbagai vitamin dan mineral esensial yang dibutuhkan sistem imun tubuh agar berfungsi normal.

2. Menambah Asupan Vitamin Dan Mineral Dari Suplemen

Jika kamu ragu karena merasa belum mendapat cukup asupan vitamin dan mineral dari makanan, maka bisa pertimbangkan untuk menambah asupannya dari suplemen yang dapat membantu memperkuat sistem imunitas tubuh yang lemah – lemah.

Kamu bisa pilih Rhea Health Tone yang merupakan suplemen alami dari ekstrak tanaman obat dengan antioksidan yang kuat dan khasiat minyak atsiri untuk memperbaiki imunitas tubuh sehingga tubuh tetap sehat.

3. Rutin Berolahraga

Dengan rutin olahraga maka dapat membantu mengurangi stress yang berdampak negatif pada imunitas serta meningkatkan sirkulasi darah, dan mendorong sel darah putih untuk mencapai sel – sel yang terserang penyakit.

4. Mengurangi Stres

Cobalah lakukan langkah untuk mengurangi stres. Jika kamu termasuk orang yang seringkali stres, maka coba teknik meditasi atau yoga.

5. Tidur Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas memungkinkan tubuh dapat beregenerasi dan membantu sisem imun bekerja sesuai fungsinya.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Orang yang kelebihan berat badan akan memiliki fungsi sistem imun tubuh yang lemah sehingga menyebabkan mereka berisiko tinggi terserang penyakit.

7. Bersikap Proaktif

Bersikap proaktif supaya terhindar dari penyakit seperti mencuci tangan secara menyeluruh dan teratur, menghindari berbagai barang pribadi ketika sedang dekat dengan orang yang terinfeksi, dan pastikan juga daging yang dikonsumsi telah dimasak hingga matang.

8. Berhenti Atau Tidak Merokok

Mulailah saat ini untuk berhenti atau tidak merokok. Merokok tembakau bisa membahayakan sistem imun tubuh dan membuatnya kurang efektif dalam melawan penyakit.

9. Membatasi Asupan Alkohol

Batasi juga asupan alkohol. Sebab, alkohol bisa merusak respon imun.
Jika kamu merasa sistem imunitas sedang menurun, maka bisa mulai menerapkan kesembilan cara meningkatkan sistem imun tubuh yang sehat dan kuat diatas.

Artikel ini telah dibaca 65 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Klinik Cut Meutia Raih Akreditasi Paripurna

31 Desember 2023 - 17:34 WIB

RSCM Raih Akreditasi Paripurna

18 Desember 2023 - 16:13 WIB

Klinik Cut Meutia PT CMN Disurvei Akreditasi

24 November 2023 - 21:41 WIB

Langsa Menuju Kota Layak Anak

15 November 2023 - 20:00 WIB

RSUD Langsa Raih Akreditasi Paripurna

3 Oktober 2023 - 21:17 WIB

Logo Akreditasi Paripurna.

Cuaca Ekstrim, Pasien RSUD Langsa Meningkat

14 September 2023 - 16:24 WIB

Kondisi di UGD RSUD Langsa
Trending di Aceh