Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Headlines · 18 Apr 2017 14:58 WIB ·

Deklarasi Damai Pilkada DKI Jakarta


 DEBAT CALON GUBERNUR DKI JAKARTA Perbesar

DEBAT CALON GUBERNUR DKI JAKARTA

DEBAT CALON GUBERNUR DKI JAKARTA

WARTANUSA.ID – Tidak tampak adanya tensi yang berlebihan di raut muka kedua pasangan calon Gubernur Jakarta saat membacakan deklarasi damai Pilkada DKI Jakarta. Basuki Tjahaja Purnama yang juga calon petahana hadir tanpa ditemani wakilnya Djarot Saiful Hidayat yang sedang ada agenda lain, sementara itu pasangan calon nomor urut 3 tampak diwakili oleh sang calon wakil gubernur Sandiaga Salahuddin Uno. Anies Baswedan yang merupakan calon gubernur dari pasangan nomor urut 3 berhalangan hadir karna sedang mudik ke Yogyakarta.

Acara ‘Silaturahmi dan Deklarasi Damai’ yang di prakarsai oleh Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya ini ditujukan untuk menunjukkan kepada khalayak ramai dan para pendukung masing-masing calon untuk dapat berkomitmen dalam menjaga kedamaian dalam proses pemungutan suara nanti 19 April 2017.

“Pak Ahok dan saya berkomitmen untuk pemilu yang jujur, adil dan demokratis. Mudah-mudahan, pemilihan mendatang akan meninggalkan kenangan manis sebagai kesempatan untuk menyatukan orang [atas nama] demokrasi,” kata Sandiaga di tempat deklarasi Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Ahok dalam sambutannya berkelakar tentang ia meminjam Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur dan Sandiaga Uno meminjam dirinya sebagai Gubernur Karena Anies Baswedan tidak dapat hadir.

Karena wakil saya nggak datang, makanya saya minjam wakil. Karena gubernurnya nggak datang, makanya pinjam gubernur,” ujar Ahok saat membuka pidatonya.

Ahok dalam pidatonya berharap agar Pilkada DKI Jakarta dapat berlangsung aman dan bebas dari kecurangan, dan ia juga mengutarakan bahwa dirinya dan Sandiaga Uno sudah menjadi teman sejak lama, namun tensi dan suasana yang timbul dari dinamika politik yang mengakibatkan kedunya terlihat tidak dekat.

Ada lima poin yang dibacakan oleh kedua pasangan calon Gubernur Jakarta dalam deklarasi damai tersebut. Point pertama bertumpu pada kesiapan untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan. Poin kedua kesiapan untuk bekerja sama dengan berbagai instansi demi suksesnya pilkada, poin ketiga berisikan patuh dan tunduk pada undang-undang yang berlaku. Poin empat, mewujudkan kepentingan daerah dan menjaga NKRI berdasarkan UUD 1945 dan poin terakhir ialah menghormati hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta serta siap terpilih dan tidak terpilih.

Deklarasi ini dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen. M. Irawan, Pangdam Kodam Jaya Mayjen. Jaswandi, Ketua Komisi Pemilihan Umum Jakarta Sumarno dan Ketua Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu) Jakarta Mimah Susanti. (RZ)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dua Pencuri Sepmor asal Sumut Diringkus Polisi di Langsa

17 April 2024 - 12:24 WIB

Blok PJKA Langsa Membara, 43 Jiwa Mengungsi

7 April 2024 - 16:37 WIB

Water Cannon Brimob Padamkan Kebakaran Blok PJKA Langsa

7 April 2024 - 06:39 WIB

Blok PJKA Langsa Membara, Belasan Rumah Terbakar

7 April 2024 - 03:55 WIB

Aktivis Apresiasi Pengungkapan Prostitusi Online di Kota Langsa

6 April 2024 - 23:12 WIB

Aktivis perempuan dan anak, Nazarruddin.

Gerebek Lokasi Prostitusi, WH Langsa Ciduk Tiga Wanita Satu Pria

5 April 2024 - 23:34 WIB

Trending di Aceh