Belajar Pemrograman, Nenek 81 Tahun Ini Ciptakan Game Sendiri

Belajar Pemrograman, Nenek 81 Tahun Ini Ciptakan Game Sendiri

Wartanusa.id – Dewasa ini kegiatan coding perlahan-lahan sudah merebak lebih luas dan tak terbatas bagi beberapa individu saja dan bukan hanya untuk

Masako Wakamiya Hinadan
Wartanusa.id – Dewasa ini kegiatan coding perlahan-lahan sudah merebak lebih luas dan tak terbatas bagi beberapa individu saja dan bukan hanya untuk orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan teknologi saja, akan tetapi semua orang pada dasarnya bisa melakukan coding atau belajar pemrograman. Bahkan saking tak terbatasnya, di Jepang ada seorang nenek berusia 81 tahun yang mampu belajar coding atau belajar pemrograman dan bahkan berhasil membuat aplikasi sendiri.

Adalah Masako Wakamiya, nenek berusia 81 tahun itu menghabiskan waktu hanya enam bulan untuk belajar pemrograman dengan tetap bertemu teratur dengan guru pemrogramannya. Setelah enam bulan belajar bahasa pemrograman, nenek Wakamiya menciptakan aplikasi game pertamanya yang disebut “Hinadan”.

Aplikasi game yang terinspirasi dari tradisi dan budaya Jepang yakni yang sering disebut Hinamatsuri atau ‘Girl’s Day’. Hinamatsuri adalah perayaan setiap tanggal 3 Maret di Jepang yang diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Keluarga yang memiliki anak perempuan akan memajang satu set boneka yang desebut hinaningyo.

Hinadan (kombinasi dari dua suku kata, Hina yang berarti boneka sedangkan Dan berartinya tingkatan) menugaskan pemain untuk memposisikan 12 boneka pada empat level display dengan benar. Jika boneka-boneka tersebut tidak ditempatkan dengan benar, maka akan terdengar suara peringatan yang sangat kencang. Game ini sangat diapresiasi karena mampu memperkenalkan budaya dan festival Hinamatsuri yang jatuh pada tanggal 3 Maret setiap tahunnya.

Tidak hanya itu, game ini juga menyediakan panduan pengetahuan yang dilengkapi dengan suara bagi siapapun yang belum mengenal budaya Hinamatsuri. Setelah semua boneka berada di tempat yang tepat, maka pesan ucapan selamat akan ditampilkan di layar smartphone.

Game Hinadan saat ini baru tersedia di Apple App Store saja. Namun demikian, upaya yang dilakukan nenek Wakamiya patut dicontoh. Hal ini menggambarkan jelas ungkapan tidak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu yang baru. Apa yang dilakukan nenek Wakamiya membuktikan bahwa para lansia jika dididik dan dilatih dengan benar maka akan bisa menghasilkan sesuatu yang produktif.

Ingin lihat bagaimana cara memainkan game Hinadan, berikut nenek Wakamiya mendemonstrasikanya untuk anda

 

 

COMMENTS

close