Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Tekno · 1 Feb 2017 07:47 WIB ·

Mengenang Masaya Nakamura: Bapak Pembuat Game Pac Man


 Photo: http://www.channelnewsasia.com Perbesar

Photo: http://www.channelnewsasia.com

Wartanusa.id – Masaya Nakamura yang juga dikenal dengan sebutan “Father of Pac-Man” atau Bapaknya Pac-Man yang mendirikan perusahaan video game yang memperkenalkan game legendaris Pac-Man, meninggal dunia di usianya yang menginjak 91 tahun.

Nakamura yang wafat pada 22 Januaari lalu mendirikan Namco, yang kini menjadi bagian dari Bandai Namco pada tahun 1955.  Awalnya Namco dan juga Bandai hanya hiburan kuda mekanik di sebuah department store namun setelah itu Bandai Namco dikenal sebagai pionir game arcade (dingdong) dan taman hiburan.

Salah satu game legendaris ciptaan dan Namco, Pac-Man didesain oleh toru Owatani seorang video game maker yang mulai dirilis penjualannya pada tahun 1980 yang pada saat itu hanya sedikit persaingannya salah satunya dari game Space Invaders. Game Pac Man yang identik dengan lingkaran kuning besar dan memiliki mulut besar kemudian menjadi game yang sukses besar di pasaran.

Game Pac Man

Diperkirakan game Pac Man sudah dimainkan lebih dari 10 milyar kali di seluruh dinia. Guiness World Records pun memberikan gelar “The World’s Most Successful Coin Operated Aracade Game” yang artinya kira-kira game dingdong yang paling tersukes di dunia.

Salah satu yang membuat game ini populer adalah tidak adanya unsur kekerasan namun cukup menantang pemain mengendalikan Pac Man dalam sebuah labirin selama berjam-jam dengan segala rintangannya.

“Pac Man adalah game yang ramah bagi pemain dengan sejuta karakter unik dan itulah mengapa Pac Man begitu dicintai dalam waktu lama,” ujar Iwatani pada tahun 2015 di New York pada kesempatan premiere film Pixels yang menampilkan Pac Man dan dirinya sebagai cameo.

Game Pac Man ini awalnya hanya bisa dimainkan di mesin dingdong namun seiring perkembangan zaman, Pac Man bisa dimainkan di beberapa konsol game seperti Nintendo, PlayStation dan juga Xbox.

Kembali mengenang Masaya Nakamura, the Father of Pacman, diakui dirinya merupakan kunci sukses perkembangan Bandai Namco hingga saat ini. Ucapannya yang terkenal adalah bahwa perusahaannya menyuguhkan berbagai macam hiburan. Dia bangga memiliki kesenangan dan game pada pekerjaannya.

(as)

Artikel ini telah dibaca 238 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sejumlah Tokoh Aceh Kecam Oknum Paspampres Penganiaya Warga Bireuen hingga Meninggal

28 Agustus 2023 - 09:55 WIB

SBY Didiagnosis Kanker Prostat, Jalani Perawatan di Luar Negeri

3 November 2021 - 20:04 WIB

SBY Idap Kanker Prostat

2 November 2021 - 22:53 WIB

5 Rekomendasi Laptop Asus Kualitas Baik dan Menjadi Favorite Item di Tahun 2021

14 Agustus 2021 - 07:23 WIB

Rekomendasi Laptop Asus Kualitas Baik

Pentingnya Menggunakan Paket Kuota Keluarga

17 Mei 2021 - 05:50 WIB

kuota keluarga xl

Review dan Spesifikasi Rog Phone

22 Desember 2020 - 04:45 WIB

Trending di Tekno