Andik Vermansyah Cedera, Akankah Nasib Timnas Menyamai Portugal?

Andik Vermansyah Cedera, Akankah Nasib Timnas Menyamai Portugal?

Wartanusa.id – Indonesia menjamu Thailand kala menjadi tuan rumah leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Pada pertandingan yang berlangsun

Andik Vermansyah CederaWartanusa.id – Indonesia menjamu Thailand kala menjadi tuan rumah leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Pada pertandingan yang berlangsung Rabu (14/12) timnas Indonesia berhasil unggul atas Thailand dengan skor 2-1. Namun dibalik kemenangan timnas ada kisah sedih yang menimpa salah satu punggawa andalan timnas. Sayap lincah Garuda, Andik Vermansyah ditarik keluar karena mengalami cedera robek ACL pada menit 20 yang membuatnya harus ditandu keluar dan kemudian digantikan oleh Zulham Zamrun.

Sebelumnya Andik sempat berbenturan dengan pemain Thailand, Thawekarn Kroekit di menit 11. Nampak raut kesedihan dari wajahnya saat kapten Selangor FC itu harus ditandu keluar lapangan. Mungkin kisah Andik Vermansyah yang cedera mengingatkan kita pada Cristiano Ronaldo saat menjalani laga final Euro 2016 pertengahan tahun ini.

Sang mega bintang itu harus ditarik keluar setelah mengalami cedera akibat terjangan Dimitri Payet. Kapten timnas Portugal itupun harus puas dengan hanya bermain selama 25 menit.  Banyak yang memprediksi ditariknya Ronaldo akan membuat Portugal kehilangan ketajaman serangan. Namun yang terjadi justru sebaliknya gol tunggal di babak tambahan waktu yang dicetak oleh Eder membuat Portugal memenangkan laga final kala itu.

Hal ini lah yang dinilai oleh sebagian pendukung timnas, nasib timnas mirip dengan sang juara Eropa, kehilangan pemain andalan dan tentunya berharap Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di leg kedua nanti dan membawa pulang trofi AFF Cup yang hampir saja direbut sebanyak empat kali terakhir pada 2010 lalu ketika Indonesia harus rela menyerah 4-2 dari Malaysia.

Kemiripan lainnya adalah langkah awal Indonesia yang tidak diunggulkan sama sekali di turnamen dua tahunan ini, sama seperti Portugal di Euro 2016 yang tampil meragukan di fase grup kala itu. Namun status non unggulan inilah yang memacu semangat pemain timnas Indonesia untuk membuktikan bahwa Indonesia berhak melaju ke partai dan puncak apalagi diharapkan mampu memenangkan AFF Suzuki Cup 2016 tahun ini.

Pada leg kedua nanti di Thailand, timnas Indonesia dipastikan tanpa diperkuat Andik Vermansyah. Andik mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) yang membuat diirinya harus berisitirahat sekitar tiga sampai enam minggu.

Almost is never enough. Hampir saja tidak cukup. Mungkin itulah kata-kata yang bisa menggambarkan timnas Indonesia saat ini. Lolos ke final AFF Cup sebanyak lima kali, empat sebelumnya timnas gagal menyumbangkan trofi yang selama ini dirindukan. Akankah final kelima ini memiliki cerita yang berbeda? (as)

COMMENTS

close