Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Tekno · 15 Mei 2017 10:22 WIB ·

Wow, Alat Sekecil Ini Bisa Ubah Smartphone Jadi Mikroskop


 Wow, Alat Sekecil Ini Bisa Ubah Smartphone Jadi Mikroskop Perbesar

Wartanusa.id – Kamera pada smartphone semakin lama semakin mengalami peningkatan pesat. Mulai dari tingginya resolusi hingga teknologi pada lensa optik pada kamera smartphone. Tak lupa juga kualitas gambar yang dihasilkan sama baiknya antara siang maupun di malam hari. Namun kini, lewat kamera smartphone, ponsel pintar Anda akan diubah menjadi mikroskop.

Adalah iMicroscope R, sebuah alat yang dikembangkan oleh vendor asal Tiongkok, i-Seeing yang dapat mengubah fungsi kamera pada smartphone jadi mikroskop. Alat ini bisa dipasang di smartphone jenis manapun, berkat ukurannya yang sangat ideal.

Alat yang mampu mengubah kamera smartphone jadi mikroskop ini hanya memiliki ukuran sebesar 25 mm x 32 mm x 4,5 mm. Suatu yang positif, karena tidak akan menambah berat dari smartphone.

Seperti diketahui kegunaan mikroskop adalah melihat dan mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil (mikroskopis) yang tidak mampu dilihat secara kasat mata. Bentuk mikroskop sekaran ini yang cukup besar nampaknya menjadi alasan mengapa iMicroscope R diciptakan.

Sekilas tentang IMicroscope R, alat yang bisa ubah smartphone jadi mikroskop

Penemuan ini dibuat dengan lensa aspherical. Lensa aspherical mempunyai bentuk kelengkungan permukaan yang tidak sferikal. Salah satu atau kedua permukaannya bisa memiliki lebih dari 1 pusat kelengkungan. Karena desain kelengkungan lensa ini juga dapat memberi unjuk kerja optis (selain bentuk fisiknya yang menjadi lebih datar dan tipis) yang lebih bagus dibanding lensa konvensional.

Penggunaan alat ini juga cukup sederhana, cukup dengan meletakkan iMicroscope R di bagian kamera belakang dan segera alat ini menempel dengan kuat di casing belakang smartphone karena menggunakan sistem magnetik. Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol yang berada di bagian samping iMicroscope R, dan segera lensa kamera smartphone berubah memiliki kemampuan layaknya mikroskop.

Ubah Smartphone Jadi Kamera
Bagian-bagian iMicroscope R ~ techviral.net

IMicroscope R kompatibel dengan setiap smartphone mulai dari iPhone hingga Android, namun untuk mendapatkan hasil yang bagus idealnya gunakan smartphone yang memiliki kualitas kamera yang bagus. Alat ini juga dilengkapi dengan aplikasi untuk menangkap gambar dan Selain itu, bisa diakuisisi dengan beberapa peraturan untuk mengukur skala. Selain itu, kita bisa mengabadikan gambar hingga tingkat zoom sebesar 320 kali.

Untuk mendapatkan iMicroscope, pembeli harus mengakses situs Kickstarter, karena memang alat ini masih belum dijual bebas di pasaran. Pembeli yang berminat harus merogoh kocek sebesar 40 euro atau sekitar Rp. 60o ribu. Kampanye iMicroscope akan berakhir pada 24 Juni mendatang dan akan mulai dibuat pada bulan Agustus mendatang.

Bukan satu satunya alat yang bisa ubah kamera smartphone jadi mikroskop

Sebetulnya, iMicroscope R bukan satu satunya alat yang bisa mengubah fungsi kamera smartphone menjadi mikroskop, salah satunya adalah Blips. Dilansir dari laman Gizmodo, Blips tersedia dalam dua versi, lensa makro dengan kemampuan magnification (pembesaran) sebanyak 10 kali, dan lensa mikro yang mampu menangkap objek mikroskopik dari dekat.

Cara kerjanya juga mudah, tempel lensa tersebut seperti Anda menempelkan tape isolasi, sedangkan cara melepasnya pun sangat praktis. Hanya saja, kemampuan lensa ini tergantung dari kemampuan lensa dan sensor kamera Anda bekerja.

Yang menjadi pembeda iMicroscope R dengan alat sejenis adalah kemampuan pembesaran yang mencapai hingga 320 kali dimana rata-rata alat sejenis hanya bisa melakukan pembesaran sebanyak 10 sampai 30 kali pembesaran. Tentunya dengan alat seperti ini sangat membantu bagi Anda yang kesehariannya sangat bergantung dengan mikroskop seperti peneliti, ahli biologi, dan mahasiswa praktikum yang sangat membutuhkan mikroskop.

Artikel ini telah dibaca 340 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

5 Rekomendasi Laptop Asus Kualitas Baik dan Menjadi Favorite Item di Tahun 2021

14 Agustus 2021 - 07:23 WIB

Rekomendasi Laptop Asus Kualitas Baik

Pentingnya Menggunakan Paket Kuota Keluarga

17 Mei 2021 - 05:50 WIB

kuota keluarga xl

Review dan Spesifikasi Rog Phone

22 Desember 2020 - 04:45 WIB

Rekomendasi Aplikasi Streaming Film Terbaik

30 Agustus 2020 - 21:47 WIB

Layanan TELEPATI dari BPN Bener Meriah

7 Juni 2020 - 02:35 WIB

Kelebihan Jika Menggunakan Kartu Three

29 April 2020 - 20:01 WIB

Trending di Lifestyle