Menu

Mode Gelap
Seorang Kakek di Langsa Lecehkan Sembilan Bocah Pekan Ini, Pagelaran Budaya Aceh Terpusat di Kota Langsa Proyek Jalan Alue Gadeng-Alue Punti di Kecamatan Birem Bayeun Mangkrak PPA Langsa Sosialisasi Penanganan KDRT Terdampar di Aceh, 230 Etnis Rohingya Butuh Tempat Penampungan

Internasional · 29 Mei 2017 21:35 WIB ·

Merkel Menganggap Uni Eropa Tidak Perlu ‘sepenuhnya’ Bergantung pada AS atau UK


 Merkel Menganggap Uni Eropa Tidak Perlu ‘sepenuhnya’ Bergantung pada AS atau UK Perbesar

WARTANUSA.ID – Kanselir Jerman Angela Merkel pada hari Minggu (28/05) mendesak negara-negara Uni Eropa untuk tetap bersama dalam menghadapi perpecahan kebijakan yang muncul dengan AS dan keputusan Inggris untuk meninggalkan blok tersebut, dan tantangan lainnya.

Berbicara pada sebuah acara kampanye yang diadakan di sebuah tenda bir Bavaria, Merkel menyarankan agar pertemuan puncak G7 dua hari di Italia yang berakhir pada hari Sabtu telah berguna sebagai panggilan pembangun.

Pemimpin G7 tidak dapat mencapai kesepakatan dengan suara bulat mengenai perubahan iklim setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia memerlukan lebih banyak waktu untuk memutuskan apakah akan mendukung kesepakatan perubahan iklim.

“Saat-saat di mana kita dapat sepenuhnya mengandalkan orang lain yang berlebihan, seperti yang saya alami dalam beberapa hari terakhir,” Merkel mengatakan kepada kerumunan sekitar 2.500 orang yang berkumpul untuk mendengarkannya dan Gubernur Bavaria Horst Seehofer.

“Jadi yang bisa saya katakan adalah bahwa kita sebagai orang Eropa benar-benar harus menuntun takdir kita ke tangan kita sendiri,” katanya, menurut kantor berita DPA.

Merkel menekankan perlunya hubungan persahabatan yang berkelanjutan dengan AS dan Inggris dan juga menekankan pentingnya menjadi tetangga yang baik “dimanapun itu mungkin, termasuk dengan Rusia, tapi juga dengan orang lain.”

“Tapi kita perlu tahu bahwa kita harus berjuang untuk masa depan diri kita sendiri, sebagai orang Eropa, untuk takdir kita,” katanya.

Sehari setelah pertemuan puncak

Meskipun pembicaraan administrasi Trump mengenai kebijakan “Amerika pertama” dan kritik yang terus berlanjut terhadap Jerman untuk surplus perdagangannya yang besar, para pemimpin G7 di Sisilia bersumpah untuk melawan proteksionisme, mengulangi “sebuah komitmen untuk menjaga pasar kita tetap terbuka.”

Mereka juga sepakat untuk meningkatkan tekanan pada Korea Utara, untuk menjalin kerjasama lebih dekat mengenai keamanan, dan kemungkinan memberlakukan lebih banyak sanksi terhadap Rusia mengenai peran dalam konflik di Ukraina.

Tapi sementara enam dari tujuh negara G7 setuju untuk tetap berpegang pada komitmen mereka untuk menerapkan Kesepakatan Paris 2015 yang bertujuan untuk mengurangi emisi dan memperlambat pemanasan global, Trump mengatakan bahwa ia memerlukan lebih banyak waktu untuk memutuskan apakah AS akan ikut dalam kesepakatan tersebut.

Pemerintahannya berpendapat bahwa standar emisi AS lebih ketat daripada yang ditetapkan oleh China, India dan lainnya, dan oleh karena itu menempatkan bisnis Amerika pada posisi yang kurang menguntungkan.

Mundur dari kesepakatan iklim telah menjadi slogan utama kampanye Trump. Trump pernah memproklamirkan pemanasan global merupakan sebuah tipuan China. Trump “terbuka lebar” mengenai apakah akan melanjutkan dukungan AS untuk kesepakatan iklim Paris, kata Menteri Pertahanan James Mattis dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu.

“Saya cukup yakin presiden terbuka lebar mengenai masalah ini karena dia menerima pro dan kontra dari kesepakatan itu,” Mattis mengatakan kepada CBS.

Komentar dari Mattis muncul setelah Trump mengeluarkan tweet pada hari Sabtu bahwa dia akan mengambil keputusan “minggu depan” mengenai apakah akan tetap berpegang pada atau mengingkari kesepakatan Paris. Setelah KTT G7, Merkel menyebut perundingan iklim “sangat sulit, jika tidak dikatakan, sangat tidak memuaskan”. [RZ]

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dukung Larangan Mudik, Angkasa Pura I Hentikan Sementara Penerbangan Penumpang

24 April 2020 - 13:54 WIB

Singapura Nol Korban Virus Corona, Bagaimana Caranya?

19 Maret 2020 - 21:59 WIB

Meksiko Akan Jual Pesawat Kepresidenan untuk Rawat Rakyat Miskin

2 Maret 2020 - 16:55 WIB

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador selalu bepergian dengan penerbangan komersial, bahkan duduk di kelas ekonomi (AFP/ALFREDO ESTRELLA)

Senator Aceh Fachrul Razi Minta Dukungan Uni Eropa Untuk Program Mantan Kombatan

31 Januari 2020 - 17:45 WIB

GENPPARI Dreams Unite the World Through the Bridge of Tourism

10 Januari 2020 - 13:07 WIB

Berobat Ke Gleneagles Penang

9 Januari 2020 - 17:24 WIB

Trending di Internasional